Follow Us

Wow, Ada Flat Cerdas Berukuran 10m²

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Kamis, 14 November 2013 | 02:00
Wow Ada Flat Cerdas Berukuran 10m2
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Wow Ada Flat Cerdas Berukuran 10m2

Tengbom Architects telah mendesain sebuah flat untuk mahasiswa yang terjangkau dari segi biaya, ramah lingkungan, dan cerdas dalam desain dan pilihan material. Proyek Smart Student Flat ini merupakan kolaborasi dengan produsen kayu Martinsons dan perusahaan real estate AF Bostader.

Memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam memiliki hunian yang cerdas dan sustainable merupakan kata-kata kunci yang dipikirkan oleh Tengbom saat merancang flat ini. Dengan luas 10m², unit ini ditampilkan di Virserum Art Museum hingga 8 Desember mendatang. Pada 2014, 22 unit lainnya akan dibangun dan siap dihuni oleh mahasiswa.

Untuk menciptakan bangunan yang terjangkau ini, dibutuhkan pemikiran yang inovatif dan juga menyuguhkan solusi baru. Flat menawarkan ranjang loteng, dapur, kamar mandi, dan taman kecil dengan teras. Melalui olahan layout dan material kayu laminasi sebagai bahan konstruksi, memungkinkannya untuk memangkas biaya sewa hingga 50% dan dampak ekologinya serta jejak karbonnya juga secara signifikan dikurangi.

Strategi lain yang digunakan adalah dengan metode pabrikasi, dimana cara ini memungkinkan unit hanya tinggal dirakit saja saat di lokasi.

Dengan mempertunjukkan flat ini, Linda Camara dari Tengbom Architects mengungkapkan bahwa Tengbom ingin menantang cara pandang konvensional tentang hunian serta proses pembangunannya dan menunjukkan cara berpikir yang baru. Seperti apakah hidup yang baik itu? Material apa yang bisa digunakan? Untuk memenuhi semua hal ini, kita harus inovatif dalam berbagai aspek dan memiliki keberanian untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang out of the box.

Lokasi: Virserums Konsthall Kyrkogatan 34, 570 80 Virserum

Arsitek: Linda Camara & Pontus Åqvist, Tengbom

Asisten Arsitek: Lina Rengstedt, Olof Nordenson, Magnus Juhlin

Sumber: tengbom.se, via Dailytonic

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest

Konsisten Dukung Konstruksi Berkelanjutan, Onduline Indonesia Kembali Raih Sertifikat Green Label Indonesia
Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya

Popular

Tag Popular