Follow Us

Setelah 7 Hari Dalam Kulkas, Sayur dan Buah Ini Tetap Segar

Fransisca Wungu - Kamis, 19 Januari 2017 | 05:22
Setelah 7 Hari Dalam Kulkas Sayur dan Buah Ini Tetap Segar
Fransisca Wungu

Setelah 7 Hari Dalam Kulkas Sayur dan Buah Ini Tetap Segar

iDEAonline.co.id - Menyimpan dalam lemari es merupakan cara paling mudah mempertahankan kesegaran sayur dan buah. Namun, sayur dan buah yang disimpan di lemari es lama kelamaan akan layu juga, karena kondisi udara yang kering. Biasanya dalam 2-3 hari kondisi layu sudah mulai tampak. Selain rasanya kurang lezat, kandungan nutrisi pada sayur dan buah itu sudah berkurang.

Namun Rabu (18/01/2017), terbukti bahwa sayur dan buah bisa tetap segar seperti semula setelah disimpan di dalam lemari es selama 7 hari. Ini dibuktikan melalui NutriFresh challenge yang digelar produsen perangkat elektronik, Electrolux.

Tepat seminggu lalu di Rumah Imam Bonjol, Jakarta Pusat, produsen asal Swedia ini memasukkan seledri, jamur, dan stroberi segar ke dalam 2 buah lemari es pada wadah penyimpan sayur di bagian terbawah. Satu merek Electrolux, satu merk kompetitor. Untuk memperkuat bukti, beberapa stroberi dibelah dua dan masing-masing belahannya disimpan di dalam lemari es yang berbeda.

Lantas, kedua lemari es disegel rapat. Acara ini ikut disaksikan oleh chef Eddrian Thjia dan 4 perwakilan media, termasuk iDEA.

Seminggu kemudian di tempat yang sama, di hadapan awak media, segel kedua lemari es ini dibuka. Sayur dan buah di kedua lemari es kemudian dibandingkan. Tidak hanya dipandang, sayur boleh disentuh bahkan dipatahkan untuk menguji kesegarannya. Stroberi pun boleh dimakan.

Menarik, karena sayur dan buah yang disimpan di lemari es Electrolux tetap segar dan sangat layak makan. Sementara sayur dan buah yang disimpan dalam lemari es merek lain tampak mulai mengeriput dan layu. Perbandingannya dapat dilihat di sini.

Chef Eddrian Thjia dan dr. Lula Kamal pun ikut melakukan tantangan ini. Sayur dan buah yang sama disimpan di lemari es lama mereka dan lemari es Electrolux selama 7 hari. Hasilnya kurang lebih sama. Terbukti, sayur dan buah dari lemari es Electrolux lebih segar dan layak konsumsi.

Apa kuncinya? Menurut Hendra Prima Pawitra, Product Marketing Manager Food Preservation & Home Comfort PT Electrolux Indonesia, lemari es tipe ETB5702AA yang digunakan untuk NutriFresh challenge ini memiliki FreshShield Crisper, berupa segel pada wadah sayur, yang menghalangi hilangnya kandungan air. Kehilangan air menjadi penyebab layunya buah dan sayur.

Tak hanya itu, fitur pendingin 360? Air Cool menjaga makanan tetap segar di bagian mana pun makanan itu disimpan. Tambahan lagi, FreshTaste Desodorizer pada lemari es ini diklaim mampu menghilangkan 99,8% bakteri, yang membuat makanan cepat busuk.

Jadi penasaran kan, apa betul sayur dan buah tetap segar setelah seminggu disimpan dalam kulkas? Buktikan sendiri!

Foto: Dok. Electrolux/Fransisca Wungu

Editor : Fransisca Wungu

Latest

Konsisten Dukung Konstruksi Berkelanjutan, Onduline Indonesia Kembali Raih Sertifikat Green Label Indonesia
Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya

Popular

Tag Popular