Follow Us

Ridwan Kamil Mengonsep Desain Masjid 99 Kubah

Sabrina Alisa - Kamis, 08 Desember 2016 | 07:30
Ridwan Kamil Mengonsep Desain Masjid 99 Kubah
Sabrina Alisa

Ridwan Kamil Mengonsep Desain Masjid 99 Kubah

iDEAonline.co.id - Ya, Ridwan Kamil sang Wali Kota Bandung yang merupakan lulusan arsitek dari Insitut Teknologi Bandung (ITB) kembali akan meramaikan khazanah arsitektur masjid Indonesia.

Dalam kicauannya di twitter, Kang Emil, sapaan akrab dari Ridwan Kamil, mengatakan bahwa ia mendapat permintaan dari Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo untuk mendesain Masjid Raya Sulawesi selatan yang akan dibangun di pinggir laut Makassar. Dan masjid ini digadang-gadang akan menjadi masjid terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan.

Seperti yang dilansir dalam kompas.com, Emil mengaku sempat menawarkan beberapa konsep desain bangunan masjid. Dari beberapa pilihan, ternyata Gubernur Sulawesi Selatan tersebut memilih bangunan berkonsep 99 kubah.

Dalam desainnya itu, Emil mengusung filosofi matematika dalam agama Islam. Di mana 99 kubah sebagai simbol dari 99 asmaul husna. Menurut Kang Emil, ada dua konsep dari bangunan masjid ini yaitu megah dan berhubungan dengan angka.

"Konsepnya pertama adalah harus megah, kedua idenya itu saya senang dengan angka. Di Islam kan banyak angka ya, tauhidnya satu, rukun islamnya lima, rukun imannya enam, asmaul husnanya 99, juznya 30," ucap Ridwan Kamil.

Perlu diketahui, Kang Emil terkenal dengan arsitektur masjid tanpa kubah seperti di Masjid Al-Irsyad Bandung, Masjid Nuurur Rahman, dan Masjid Kopeng Merapi. Namun, khusus yang satu ini beda. Untuk itu, Emil berharap agar masjid ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Sumber: kompas.com

Sumber foto: dari berbagai sumber

Editor : Sabrina Alisa

Latest

Popular

Tag Popular