Follow Us

Mau Merancang Dapur? Ikuti 5 Langkah Ini!

- Selasa, 28 Maret 2017 | 10:30
Simak Inilah 5 Langkah Merancang Dapur
idea

Simak Inilah 5 Langkah Merancang Dapur

iDEAonline.co.id - Merancang rumah bukan perkara mudah, apalagi bila berhubungan dengan dapur. Pasalnya, di dapur akan ada banyak instalasi listrik dan benda berbahaya semisal kompor yang perlu dipasang. Untuk itu, masalah teknis sangat perlu perhatian ketika merancang ruang memasak ini.

Selain persoalan teknis, estetika atau keindahan juga perlu dipikirkan. Karena dapur yang tampak indah secara visual dipercaya meningkatkan minat seseorang terhadap aktivitas memasak. Masak makanan untuk keluarga pun tidak lagi menjadi beban seorang istri, melainkan dapat menjadi hobi yang menyenangkan.

Untuk itu aspek teknis dan estetika perlu diperhatikan saat merancang dapur. Inilah lima langkah yang perlu Anda simak untuk menghasilkan dapur yang apik sekaligus fungsional.

1. Buatlah rencana ruang dalam denah terukur saat ingin merancang dapur. Pertimbangkan jarak antara benda elektrikal dan benda-benda yang mengandung elektromagnet. Kulkas sebaiknya dipasang berjarak 15 cm dari tembok. Microwave sebaiknya diletakkan minimal 1 m dari kulkas.

2. Pada saat merancang dapur, tentukan juga titik mekanikal elektrikal (ME) yang diperlukan, antara lain untuk pemipaan, kulkas, dan microwave. Penggunaan Mini Circuit Breaker (MCB) di area dapur sangat disarankan. MCB berguna untuk membatasi penggunaan listrik, mematikan listrik bila terjadi hubungan singkat, dan mengamankan instalasi listrik. Cara untuk mengukur MCB adalah dengan mengalikan kapasitas MCB dengan tegangan umum yang berlaku (220 V). Misalnya, untuk MCB 6A, mempuyai kapasitas menahan daya listrik sebesar 6A x 220V = 1.320 Watt.

3.Tentukan kebutuhan barang yang akan ditampung di dapur. Anda bisa membuat skema wilayah (zoning) berdasar karakter benda, misalnya material, intensitas pemakaian, serta penggunaan listrik.

4. Sesuaikan ukuran furnitur yang akan dipasang dengan ruang. Misalnya, tinggi kabinet Anda 88cm-91cm, dan Anda ingin memasang rak penyimpanan di atasnya, maka jarak tinggi pemisah antara rak dengan kabinet adalah 38cm. Dengan begitu, rancangan dapur Anda akan sesuai dengan kenyamanan.

5. Bila Anda ingin memisahkan fungsi ruang makan dengan ruang masak, maka buatlah jendela penghubung. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran ruangan. Yap, ini merupakan langkah terakhir dari merancang dapur.

Kelima langkah di atas bisa Anda ikuti, namun tetap harus disesuaikan dengan kondisi dapur Anda sendiri. Selamat merancang dapur, iDEA Lovers.

Sumber: dok. iDEA

Sumber foto: diamondkitchensdroitwich.co.uk

-

Halaman Selanjutnya

Baca juga:
1 2

Editor : Sabrina Alisa

Latest