Follow Us

Tips Membasmi Gulma pada Rumput di Taman

Maulina Kadiranti - Selasa, 14 Februari 2017 | 11:32
Tips Membasmi Gulma pada Rumput di Taman
Maulina Kadiranti

Tips Membasmi Gulma pada Rumput di Taman

iDEAonline.co.id - Siapa saja yang pernah mempunyai dan merawat halaman rumput tentu merasa sangat kesal dengan kehadiran gulma. Walaupun telah menggunakan pestisida maupun mencabutinya setiap minggu, gulma tak kunjung teratasi.

Ada beberapa hal yang berguna untuk membantu mencegah dan mengurangi gulma di awal penanaman. Berikut tips mencegah tumbuhnya gulma:

- Pilih jenis rumput yang tahan terhadap serangan gulma

- Berikan media tanam yang steril dari bibit gulma

- Lakukan pemeliharaan yang tepat dan efisien

Selain itu, kenalilah gulma yang ada di rumput Anda. Amati karakteristik pertumbuhannya dan tentukan cara penanggulangannya. Gulma yang sering ditemukan di halaman rumput kita umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu jenis rumput dan jenis berdaun lebar/bulat.

Gulma Jenis Rumput

Jenis ini umumnya mempunyai karakteristik daun yang sempit dan panjang. Jenis yang umum didapati adalah jenis crabgrass/Digitaria sanguinalis (sejenis rumput alang-alang yang tumbuh menyebar), goosegrass (jenis rumput yang mempunyai bunga seperti bulu angsa), dan bluegrass/Poa annua (jenis rumput yang pangkal daunnya berwarna kebiruan).

Penyebabnya adalah kondisi kekurangan atau kelebihan zat hara tanah seperti kalsium, potassium dan jenis zat hara lainnya, keberadaan bakteri hingga kondisi tanah yang telalu padat. Mulai tumbuh pada saat akhir musim hujan dan awal musim panas.

Cara membasmi gulma ini adalah membiarkan sinar matahari menyinari hamparan rumput dan dengan melakukan pemeliharaan yang tepat disaat musim hujan atau saat benih gulma dorman (istirahat tumbuh). Jangan melakukan penanaman rumput maupun verticut (memangkas berat rumput dengan motong dan mengangkat bagian rumput hingga ke akar-akarnya) saat perkiraan waktu tumbuh gulma datang.

Lakukan pemangkasan yang lebih pendek agar tersedia daerah naungan dan menekan pertumbuhan gulma. Bersihkan dari sampah sisa pemangkasan yang dihasilkan. Untuk pemeliharaan yang tepat, jangan lakukan pemupukan yang terlalu banyak. Kelebihan unsur hara tanah akan memacu kondisi pertumbuhan jenis gulma lainnya.

Selain itu, lakukanlah penyiraman yang cukup banyak dan air menyerap hingga ke tempat yang cukup dalam. Gunanya adalah daerah pertumbuhan akan semakin dalam dan menekan pertumbuhan akar gulma.

Editor : iDEA

Latest