Follow Us

Tips Merancang Desain Rumah Mungil Agar Ideal dan Nyaman Dari Arsitek

- Selasa, 23 Januari 2018 | 03:00
dok. Aaron Pocock
idea

dok. Aaron Pocock

iDEAonline – Memiliki hunian dengan lahan terbatas atau lahan mungil membuat sebagian orang harus mencari cara agar rumah terasa ideal dan nyaman.

Biasanya, orang hanya akan terpaku pada “meluaskan lahan” di rumah mungil. Namun, ada hal yang lebih penting dari sekedar membuat luas rumah.

Ini dia tips merancang desain rumah mungil agar ideal dan nyaman dari Yodi Juliardi, arsitek dari Universitas Parahyangan Bandung.

1. Menyesuaikan kebutuhan si penghuni

Menurut Yodi – sapaan dari Yodi Juliardi, merancang rumah mungil di lahan terbatas punya tantangan tersendiri.

Karena, ia dituntut bagaimana membuat rumah tetap menarik dan aktivitas penghuni di dalam rumah tak terganggu dengan keterbatasan yang ada.

Saat ingin merancang desain rumah mungil, harus disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik dan aktivitas apa saja yang akan dilakukan di sana. Ini dimaksudkan agar semua kebutuhan penghuni terakomodir.

2. Perhatikan sirkulasi udara

Masalah yang sering dihadapi oleh rumah mungil adalah suasana yang sumpek. Ya, ini sangat berpengaruh dari jumlah penghuni rumah dengan banyaknya sirkulasi udara.

Sehingga, dalam menghadirkan sirkulasi udara pada rumah mungil, harus dicermati dengan seksama agar rumah mungil tak pengap dikemudian hari.

3. Hindari sekat antarruang

Sejak awal Yodi merancang sebuah hunian dengan konsep fungsional, sehingga ruang yang dirancang harus menunjang sejumlah aktivitas pemiliknya.

Apabila desain rumah mungil menggunakan sekat untuk memisahkan antarruang yang ada, tentu ini akan menghambat aktivitas pemilik.

Sehingga, Yodi menyarankan untuk menggunakan tirai sebagai sekat antarruang. Dengan begitu, desain rumah mungil tetap memiliki privasi. Tak hanya itu, ruang tetap nyaman dan ideal.

Ternyata mudah untuk merancang desain rumah mungil yang ideal ya, iDEA Lovers!

Editor : iDEA

Latest