Follow Us

3 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Aman Mengonsumsi Air Hujan!

- Kamis, 25 Januari 2018 | 09:30
dok. pagdand.org
idea

dok. pagdand.org

Penulis Selvia M.

iDEAonline – Air hujan bisa menjadi sebuah keuntungan lho, iDEA Lovers! Ya, ini karena kalian dapat menabung air bahkan untuk dikonsumsi!

Nanik Indayaningsih, Pembina Utama Muda (Peneliti Madya) di Pusat Penelitian Fisika, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengungkapkan sebenarnya air hujan seperti air yang disuling.

Namun, yang membuat air hujan diragukan kebersihannya adalah kondisi alam yang tercemar yang ditembus oleh air hujan sebelum menyentuh permukaan bumi.

Air hujan yang tak layak konsumsi adalah air hujan yang turun di kawasan yang memiliki tingkat polusi tinggi, seperti di kawasan industri.

Pasalnya, di udara air hujan tersebut harus menembus asap pabrik, asap kendaraan, atau uap air buangan limbah pabrik untuk sampai ke tanah.

Bila sudah demikian, kewasapadaan harus ditingkatkan karena air hujan tersebut sudah terkontaminasi oleh kotoran.

Bila ingin aman untuk mengonsumsi air hujan, setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan yang disampaikan oleh Nanik. Ini dia!

1. Tampung air hujan dari area terbuka. Nanik menyarankan untuk menampung air hujan yang jatuh di area terbuka, bukan air yang sudah melewati atap rumah.

Jika air hujan tersebut sudah melewati atap, maka air tersebut sudah tercampur dengan debu dan kotoran. Pun halnya, air yang melewati talang air.

Pastikan talang air dalam keadaan bersih, tidak berkarat, dan tidak tertumpuk kotoran di lubangnya.

2. Didihkan air sebelum dikonsumsi. Air hujan yang berasal dari uap air sebenarnya air murni (H2O) yang layak dikonsumsi, bahkan jika tidak dimasak pun tetap layak konsumsi.

Editor : iDEA

Latest