Follow Us

Asian Games Sudah Dekat, Taman di Stadion Gelora Bung Karno Rusak Parah. Apa Penyebabnya?

- Senin, 19 Februari 2018 | 05:50
Tanaman rusak terinjak-injak suporter di halaman Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, dua hari pasca-final Piala Presiden, Senin (19/2/2018).
idea

Tanaman rusak terinjak-injak suporter di halaman Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, dua hari pasca-final Piala Presiden, Senin (19/2/2018).

Pertandingan babak akhir Piala Presiden 2018 telah usai. Namun, di balik gempita pesta sepak bola tanah air itu justru terselip cerita sedih.

Para pendukung yang menyaksikan pertandingan Persija vs Bali United menyisakan kerusakan fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (17/2/2018).

Kerusakan ini terjadi pada pagar akrilik di bagian dalam SUGBK dan taman di bagian luar.

"Taman ini ada 4,8 hektar, yang rusak 80 persen," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau kerusakan SUGBK, Senin (19/2/2018). Basuki pun sempat bercerita, saat mengetahui kerusakan fasilitas stadion, dirinya tak kuasa menahan air mata.

Ia mengatakan, perbaikan taman ini tidak semudah dan secepat memperbaiki pagar atau pintu yang rusak.

Memperbaiki taman membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Makanya, menurut Basuki, ia sempat mencuri waktu renovasi SUGBK dengan menanam tanaman lebih dahulu.

"Kita tanam lagi sekarang. Masih ada beberapa bulan, Maret, April, Mei, Juni, semoga masih oke," tutur Basuki.

Adapun pagar yang rusak sebanyak 7 segmen. Total perbaikannya mencapai Rp 150 juta dan akan dilakukan selama 7-10 hari ke depan.

SUGBK sendiri baru diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 14 Januari 2018 lalu. Saat itu, peresmian diikuti dengan pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia dan Islandia.

Stadion ini menjadi salah satu venue yang akan digunakan saat gelaran Asian Games, Agustus mendatang. (Arimbi Ramadhiani)

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasca Piala Presiden, 80 Persen Taman di Stadion Utama GBK Rusak"

Source : properti.kompas.com

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest