Tribute to Andra Matin, Budi Pradono, dan Yori Antar dari Le Chateau & Brizo

Rabu, 30 Oktober 2019 | 09:00

Tribute to Budi Pradono, Yori Antar, Andra Matin.

IDEAOnline-Kontribusi besar pada perkembangan dunia arsitektur dari arsitek Andra Matin, Budi Pradono, dan Yori Antar berbuah pada pemberian tribute oleh Le Chateau Living dan Brizo Kitchen and Bath.

Showroom high end bathroom dan sanitary ini terinspirasi dengan apa yang telah dilakukan ketiga arsitek Indonesia ini, yang telah dikenal baik di dalam maupun luar negeri serta mengharumkan nama Indonesia di banyak ajang berskala intemasional.

Karya-karya mereka telah mewamai kehidupan orang Indonesia dan sangat berpengaruh pada pemahaman masyarakat tentang profesi arsitek di zaman sekarang.

Mereka bertiga adalah representasi bagaimana arsitek menghadirkan arsitektur modern dalam konteks kontemporer di Indonesia tanpa harus kehilangan cita rasa dan karakter masing-masing yang tetap melihat semua aspek dalam lingkungan serta kehidupan di Indonesia.

Acara tribute keada ketiga dilaksanakan pada Kamis (24/10/2019) di showroom Le Chateau Living, Jakarta.

Baca Juga: Kolaborasi Dengan Andra Matin, Perumahan di Pinggiran Jakarta Hadirkan Konsep Eco Design

Salah satu karya yang dipamerkan.

Le Chateau living dan Brlzo Kitchen and Bath menganugerahi produk istimewa yaltu Vettis Concrete Faucet yang hanya diproduksl sebanyak 500 unit di dunia.

Produk yang memanfaatkan material beton dengan kualltas ultra tinggi dan fiber reinforced ini merupakan hasil darl riset bertahun-tahun yang dllakukan oleh perupa Christopher Shannon.

Produk yang dikerjakan di studionya di Victoria, British Columbia in! memadukan bentuk geometris yang tampll ekspresif dengan material beton.

Warna khususnya merupakan hasll dari tintrasi pure charcoal sehingga memmkl warna khas yang berkarakter.

Baca Juga: Berkat Yori Antar, Taman GBK Senayan Sukses Berstandar Internasional

Andra Matin. Bud Pradono,dan YoriAntar dikenal kerap melakukan banyak eksplorasi material sepanjang karir profesionalnya. salah satunya adalah beton.

Di tangan mereka, beton hadir dalam beragam wajah dan ekspresi rasa yang kaya dan ekspresif.

Inilah salah satu alasan bagi Le Chateau living dan Brizo Kitchen and Bath memberikan penghargaan dan apresiasi kepada ketiga arsitek tersebut melalui pameran yang akan diselenggarakan selama 3 hari di showroom Le Chateau.

Mereka bertiga adalah representasi bagaimana arsitek menghadirkan arsitektur modern dalam konteks kontemporer di Indonesia tanpa harus kehilangan cita rasa dan karakter masing-masing yang tetap melihat semua aspek dalam lingkungan serta kehidupan di Indonesia.

Baca Juga: Seven Havens Residence Karya Budi Pradono: Ini Alasan Kamu Harus Bangga Dengan Arsitektur Indonesia

Karya yang dipamerkan.

Andra Matin dikenal melalui beberapa karyanya yang cukup fenomenal seperti GBK Aquatic Center, Potato Head Beach Club Bali, Blimbingsari Airport di Banyuwangi, sejumlah rumah tinggal pribadi dan termasuk rumah pribadinya yang turut diliput oleh banyak media intemasional.

Instalasinya yang berjudul ’Elevation' mendapatkan penghargaan Special Mention Award di 16m Venice Biennale.

Sementara, Budi Pradono adalah arsitek yang banyak mengulik arsitektur dalam ranah riset visual dan juga melalui karya-karyanya yang keluar dari batasan desain konvensional yang biasa dikenal orang.

Melalui karyanya seperti Issi Villa, P House di Salatiga, Clay House di Selong Belanak, dan rumah galleri miring di Pondok lndah, Budi Pradono begitu menarik perhatian dunia arsitektur internasional, sehingga diundang untuk memberikan kuliah umum di banyak negara.

Yori Antar menjadi salah satu dari banyak arsitek Indonesia yang sejak awal berkarya selalu memiliki ketertarikan mendalam pada budaya nusantara.

Kemampuannya menghadirkan rasa budaya dan etnik yang kuat dalam desain-desain hunian modern dan kontemporernya menjadi semakin terasah ketika rumah asuh yang dirintisnya sukses melestarikan dan menyelamatkan banyak rumah tradisional yang kaya akan nilai budaya dan sejarah.

Baca Juga: Mencakup Sisi Psikologi, Begini Kerennya Arsitek Dalam Negeri Desain Hunian Sesuai Gaya Hidup

Karya yang dipamerkan.

Di sisi lain. keberhasilannya dalam mewuiudkan revitalisasi desain Lapangan Banteng, RPTRA Kalijodo, dan desain lanskap untuk kawasan Gelora Bung Karno yang memiliki skala publik membuatnya menjadi salah satu arsitek yang memiliki rangkaian prayek yang sangat beragam.

Selama pameran, Le Chateau juga mengundang mahaslswa arsltektur dan desaln interior dari berbagai perguruan tinggi untuk ikut menikmati karya ketiga arsitek yang dipamerkan dan mendapat llmu serta lnsplrasl.

Adapun tentang concrete faucet yang dianugerahkan kepada ketiga arsitek, TJ Eads, desainer industri darl Brizo Kitchen & Bath mengatakan bahwa ia menghabiskan banyak waktu di luar rumah dan benar-benar menghargai kekuatan dan keindahan yang ditemukan dalam alam.

"Dengan memanfaatkan material mentah dengan kualitas terbaik, produk ini memilikl desain dengan bentuk geometris yang sangat berkesan arsitektonik," ujar Eads.

Dengan ekspresi beton yang memiliki warna tersendiri, concrete faucet ini akan berevolusi sejalan dengan waktu dengan tetap memillkl ekspresi tampilan yang artistlk.

Vettis Concrete Faucet ini menjadi produk yang ikonik dari desaln purity dan kekuatan ekspresi dari materialnya.

lni membuat Vettis Concrete dari Brizo Kitchen and Bath menjadi wujud apresiasl yang tepat dan selaras sebagai ikon penghargaan kepada tiga tokoh arsitek Indonesia, Andra Matln, Budi Pradono, dan Yori Antar.

Kontribusi mereka telah memberikan warna dalam khasanah arsitektur di Indonesia.

Baca Juga: Firma Arsitektur Ini Ubah Ruang Tersembunyi di Tempat Umum jadi Perpustakaan Anak, Hasilnya Menakjubkan

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya