Persiapan Hari Kiamat, Negara Ini Bangun Bunker untuk Pemenuh Kebutuhan Puluhan Tahun ke Depan, Fasilitasnya Engga Main-main

Selasa, 14 April 2020 | 12:30
syfy.com

doomsday vault inside

IDEAonline-Terjadinya kiamat serta berakhirnya dunia ini memang tidak ada yang mampu memprediksi. Berbagai ramalan mengenai hari menakutkan itu juga belum ada yang terwujud.

Nah, untuk persiapan ini, beberapa negara maju sudah bersiap dan membangun fasilitas untuk perlindungan diri.

Dengan teknologi canggih, mereka mendirikan bunker-bunker lengkap dengan segala jenis pemenuh kebutuhan hidup untuk puluhan tahun mendatang.

Svalbard Global Seed Vault

Baca Juga: Pilih Bantu Cegah Penyebaran Covid-19 dengan Karantina Mandiri, Begini Cara Ektrem Sepupu Raffi Ahmad Hilangkan Kebosanan!

Baca Juga: Menilik Kembali Rumah Berlapis Emas Milik Pendakwah yang Dulunya Seorang Penyiar Radio, Kini Penghasilannya Sentuh Angka Rp 1,2 Miliar Per Bulan!

Svalbard Global Seed Vault adalah tempat penyimpanan benih berbagai tanaman berbentuk brankas kuat. Alasannya, benih yang disimpan tersebut akan digunakan jika terjadi bencana yang tragis di masa depan ataupun ketika alam mungkin membutuhkan cadangan.

Tempat ini sangat terlarang bagi orang lain, kecuali orang-orang tertentu yang memiliki kepentingan terhadap tempat tersebut karena khawatir para turis akan merusak benih-benih yang ada di dalam brankas.

Dikutip dari Daily Mail, manusia bahkan membuat sebuah gudang atau bunker dengan nama Doomsday Vault atauSvalbard Global Seed Vault.

Letaknya di Longyearbyen, Kepulauan Svalbard, Norwegia Utara dan menjadi salah satu tempat yang tidak bisa dimasuki sembarang orang dan sangat rahasia.

Di dalam gudang ini, terdapat segala kebutuhan manusia.

daily news

Berbagai persediaan makanan, pakaian, air, obat bahkan gen makhluk hidup tersedia disini

Misalnya terdapat makanan yang dikeringkan dan bisa bertahan lama, pakaian, air, obat-obatan dan keperluan lainnya.

Baca Juga: Terungkap Satu Keluarga Tinggal di Ruang Bawah Tanah Khusus untuk Hari Kiamat Selama Bertahun-tahun, Salah Satu Anggota Kabur Tidak Kuat dengan Cara Hidup Keluarganya

Baca Juga: Banyak Waktu Senggang Kala WFH? Coba Tips Bersihkan Rumah dengan Mudah Cara Ini!

Bahkan di tempat itu juga tersimpan satu juta sampel gen manusia, hewan dan tumbuhan.

Gen tersebut disimpan dengan tujuan untuk di cloning jika ingin membuat kehidupan baru setelah kiamat lewat.

Sebagai salah satu bangunan paling rahasia di dunia, Svalbard Global Seed Vault dibangun di bawah tanah Permafrost yang beku di Norwegia Utara.

Hanya terdapat satu pintu masuk yang mencuat keluar dengan bentuk persegi panjang.

Bunker ini sengaja dibangun di dalam tanah yang bersuhu dingin bahkan beku.

Alasannya karena bisa berfungsi sebagai kulkas raksasa alami yang menyebabkan apapun (terutama makanan) yang disimpan di dalamnya bisa awet.

Doomsday Vault atau Svalbard Global Seed Vault juga menjadi bangunan yang diklaim tidak bisa dihancurkan dan akan bertahan ketika dunia kiamat.

daily news

Bunker ini juga berfungsi sebagai kulkas alami raksasa

Namun eksistensi Doomsday Vault sebagai harapan manusia saat kiamat kini mulai diragukan.

Mengutip Science Alert, pemanasan global menyebabkan lapisan es tanah permafrost mulai mencair.

Baca Juga: Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Kamar Mandi, Bahaya Jika Abai!

Baca Juga: Apa Benar Split Level Buat Rumah Lebih Adem? Ini Faktanya Agar Tak Sia-sia!

Hal ini tentu saja menyebabkan kulkas raksasa alami itu kehilangan daya dinginnya yang dikhawatirkan bisa menyebabkan apapun yang disimpan di dalamnya rusak.

"Dalam skenario sedang hingga tinggi untuk emisi iklim di masa depan," suhu udara tahunan akan meningkat sekitar 10 derajat Celcius di bawah emisi tinggi, dan 7 derajat Celcius di bawah emisi sedang, kata para ilmuwan.

Kenaikan suhu itu akan menyebabkan perubahan drastis untuk kawasan dimana Doomsday Vault berada.

Hujan deras akan lebih sering terjadi dan tanah longsor akan mengancam keadaan Doomsday Vault.(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya