Sering Letakan Bentangan Talang Air Tepat di Atas Pintu Masuk? Berbahayakah?

Rabu, 22 Juli 2020 | 14:00
DOK IDEA

ilustrasi

IDEAonline –Jalur pembuanganair hujan, menurutFeng Shui tidakbaik melintang diatas pintu.

Selainrentan bocor danmenampung kotoran, posisi ini dipercayamenghambat energyQi ke dalam rumah.

Pada rumah denganpenambahan kanopi atau portico dibagian teras rumah, pemiliknya tanpasadar menempatkan bentangan talang airtepat di atas pintu masuk.

Komposisi ini, dalam Feng Shui dinyatakan tidak baiksebab akan “mengganggu” pintu masuksehingga mengundang banyak kendalapada kehidupan penghuni yang tinggaldalam bangunan tersebut.

Bentuk inipaling banyak ditemukan pada bangunanpencakar langit di berbagai kota besar, seperti hotel, gedung perkantoran, ataupusat perbelanjaan yang bernuansamodern.

Dalam pandangan arsitektur, penempatan kanopi di teras depan diatas entrance/pintu masuk, memangakan menambah keanggunan bangunan.

Bahkan, elemen ini dapat dijadikanikon yang bisa dibanggakan.

Untukmenciptakan kesan anggun serta modern, salah satu caranya adalah kanopi harusdibuat terkesan tinggi dengan teknikbentangan tanpa tiang.

Selain cara itu, struktur kontruksi biasanya didesainkhusus sebagai elemen yang justruditonjolkan.

Bagai Tusukan Tombak

Sayangnya, banyak dari modeltersebut justru menciptakan bentangankontruksi dengan kemiringan yangmenuju ke dalam bangunan.

Desain inimengakibatkan adanya satu jalur talangair di bagian atas pintu masuk.

Tentumodel ini sangat dipantang dalam ilmuFeng Shui, karena posisi ini diibaratkanwajah seseorang yang ditusuk dengananak panah atau tombak tajam.

Gejala inipasti tak diinginkan seorang pun. Kembali pada ulasan Feng Shui, bentuk tersebut ternyata akanmenghambat energi Qi yang akanmengalir masuk ke rumah melalui pintu.

Sebab, bentangan talang dianggapsebagai “palang penghambat” yangcukup berat, yang akan menghambatrezeki kehidupan.

Dampaknya, faktorkarier serta hubungan baik penghunidengan masyarakat luar pun tidak lancar, yang pada akhirnya menghambat usaha.

Hal-hal yang telah terencana matang yangseharusnya sudah ada dalam genggaman, akan selalu mengalami gangguan, sehingga semua yang didapat penghuniharus melalui perjuangan berat sebelumdapat ia miliki.

Mengganggu Kesehatan

Memang dari sisi visual, model kanopi dengan desain seperti di atas sangatindah.

Tetapi dari sisi perawatan, modeltersebut sering mengundang banyakproblem, misalnya talang air yang mudahrusak dan bocor.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Begini Tips Penataan Hunian Tipe Studio di Kamar Seluas 20 Meter

Masalah lain adalahadanya cekungan yang dapat menampungbanyak kotoran seperti daun dan sampah, yang akhirnya akan menyumbat saluranpembuangan air.

“Keburukan” ini akanlebih terlihat pada kanopi dengan bahanatap yang trasparan.

Dari sudut pandang lain, air sertakotoran dari kanopi yang tertahan dalamcekungan talang, tentu menjadi sarangpenyakit yang dapat mengganggukesehatan orang yang lalu-lalang dibawahnya.

Ini juga bukan posisi Feng Shuiyang baik, sebab penyakit akan seringdatang. Sebaiknya, kanopi yang ada diatas pintu masuk jangan diberi ruangpenampungan berbentuk talang di ataspintu rumah.

Lebih baik buatlah kanopidengan posisi yang menempel lebihtinggi di atas pintu.

Dengan demikian, kotoran atau siraman air hujan akanmengalir ke bagian depan, ke sisikanan, atau kiri, untuk menghindarkankesalahan Feng Shui.

Bahan yangdigunakan tidak masalah jika trasparan, yang penting tidak bocor.

Yang Juga Perlu Diwaspadai

Pada kanopi atau portico—baik yangmengekspos konstruksi ataupun yangtertutup plafon—sebaiknya tidak terdapatbentangan balok konstruksi di bagian ataspintu.

Komposisi ini dinilai buruk dalamFeng Shui, karena dapat mengundangbencana yang cukup fatal.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 65

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya