Ingin Tidur Lebih Berkualitas? Lakukan Ini untuk Buat Kamar Tidur Nyaman

Senin, 29 Maret 2021 | 19:19
Shutterstock

Ilusttrasi kamar tidur nyaman

Idea-Online.com –Tidur di malam hari adalah aktivitas yang sangat krusial untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas.

Namun sayang, memastikan kualitas dan kecukupan waktu tidur tidaklah mudah, terlebih semenjak masa pandemi Covid-19. Terkadang, meski tubuh sudah dibaringkan, beberapa orang kerap kesulitan tertidur.

Akibatnya, bangun pagi terasa kurang segar sehingga produktivitas danmoodpun terganggu. Journal of Applied Social Psychology(2013) menjelaskan bahwa kurang tidur akan menyebabkan kontrol diri dan kemampuan berpikir jernih berkurang.

Selain itu, kurang tidur juga akan mengurangi kemampuan tubuh dalam menghadapi stres dan membuat otak kesulitan untuk berpikir dan mengingat. Guna mengatasi haltersebut,banyak orang melakukan berbagai cara, termasuk mengonsumsi obat yang dapat mempercepat proses tertidur sebagaisolusi.

Baca Juga: Rela Berjualan Wajan Walau Sudah Menjanda 11 Tahun, Artis Cantik Ini Ikhlas Kerja Keras untuk Sambung Hidup, Tapi Masih Terlihat Glamor Ya Bund?

Padahal, bukan tidak mungkin jika obat-obatan justru akan menimbulkan kesulitan baru, mengingatadanyaefek samping yang mungkintimbul. Oleh sebab itu, ketimbang mengonsumsi obat, ada baiknya Anda mencoba beberapa cara sederhana yang mungkin bisa meredakan keluhan ini.

Anda sebaiknya membuat jadwal tidur rutin agar tubuh terbiasa tidur di jam-jam tertentu. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan berat atau minuman bersoda sebelum tidur agar tubuh terhindar dari rasa penuh atau kembung.

Selain itu, cara sederhana lainnya adalahmembuat suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman sehingga tubuh bisa cepat rileks dan mudah mengantuk. Berikut tips yang bisa Anda coba agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Rutin membersihkan kamar

Terkadang beberapa orang menggunakan kamar tidur sebagai tempatmelakukan hampir semua aktivitas. Apalagi di erawork from homeseperti saat ini.

Baca Juga: Engga Suka Dicap OKB, Ternyata Artis Ini Justru Pernah Keluarkan Hampir Rp 100 Juta Hanya untuk Biaya Listrik, ‘Sekarang 60 Jutaan!’

Akibat tidak memiliki ruang khusus untuk bekerja, banyak yang menaruh meja kerja di dalam kamar. Saking sibuknya, satu hari bisa dihabiskan di dalam kamar. Makan siang, makan malam, hingga beragam aktivitas lain dilakukan di dalam kamar.

Kebiasaan ini tak jarang membuat kamar menjadi lebih berantakan. Banyaknyabarang yang berserakan tanpa disadari membuatmooddan otak menjadi tidak rileks.

Seorang spesialis kesehatan jiwa dari University of Maryland School of Medicine,dr Emerson Wickwiremengatakan bahwa kamar tidur yang berantakan inilah yang membuat seseorang susah tidur.

Maka dari itu, ada baiknya Anda membersihkan kamar terlebih dulu sebelum beranjak tidur. Sekedar menyapu atau mengepel lantai akan membuat kamar terlihat bersih dan rapi. Anda bisa menggunakan alat pel lantai modern GM Bear yang dilengkapi dengan alat pengering air otomatis.

Baca Juga: Takut Basi, Begini Cara Selamatkan Makanan di Kulkas Saat Mati Listrik

Menggantikasur

Ingatkah kapan terakhir kali Anda membeli kasur baru? Tanpa disadari, usia kasur ternyata berpengaruh pada kualitas tidur seseorang.

Menurut lamanWebMd,ketikakasur sudah berusia cukup lama dan terasa tidak nyaman, tubuh akan mengirimkan sinyal pada otak untuk mencari posisi berbaring yang nyaman, sehingga pembuluh darah bisa menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

Alasan inilah yang membuat seseorang kerap berpindah posisi tidur terus menerus dan mengakibatkan sulit tidur atau tidur tidak nyenyak.

Jika kasur telah berusia 10 tahun atau lebih,Anda sebaiknya mempertimbangkanmembeli kasur baru. Carilah kasur yang tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu empuk agar tubuh tidak pegal ketika tidur dalam waktu lama. Misalnya saja kasur spring bed dari In The Box.

Gantisepraisecara berkala

Selain usia kasur, penggunaansepraidengan bahan tertentu juga bisa membuat seseorang sulit tidur.MengutiplamanToday,Sabtu(12/4/2014), bahan seperti parasut ataupolyesterakan membuat kasur terasa lebih panas di malam hari.

Baca Juga: Tak Hanya Kasur, Ketahui 4 Penyebab Tidak Bisa Tidur Cepat, Suhu Ruangan Juga Penting!

Jika Anda kerap merasa gerah meski AC telah dinyalakan, cobalah untuk mengganti seprai yang digunakan dengansepraiberbahan lembut seperti katun, satin, atau bahan lain yang menyerap keringat.

Selain itu, gantilah seprai secara rutin, minimal satu bulan sekali agar seprai terbebas dari tungau dan kotoran. Adapun seprai berbahan nyaman dapat Anda temukan di Endlesslove Sprei King.

Ubah warna lampu kamar

Meski tidur dengan lampu mati kerap dianggap menyehatkan, beberapa orang justru lebih menyukai tidur dengan lampu menyala. Meski begitu, tidur dengan lampu yang terlalu terang juga dapat menyulitkan seseorang untuk tidur lelap.

LamanSleep Foundationmengungkapkan bahwa tidur dengan lampu terlalu terang membuat hormon melatonin –yang berperan mengatur pola tidur menjadi tidak diproduksi dengan baik, karena sifatnya yang sensitif terhadap cahaya.

Baca Juga: Walau Sejuk, Penggunaan AC pada Batita Ternyata Tak Boleh Sembarangan

Alhasil, Anda jadi sulit merasamengantukhingga larut malam. Nah, agar bisa segera tidur di malam hari, ada baiknya Anda mengganti lampu biasa menjadi lampu tidur. Anda juga dapat menggantibohlam lampu menjadi lebih redup agar tubuh dapat memproduksi hormon melatonin sebelum dan selama waktu tidur.

Anda dapat mencoba menggunakan lampu ruangan dari Hannocs untuk memberi kesan kamar yang nyaman dan tenang.

Jika ingin menerapkan tips-tips tersebut, Anda bisa menemukan produk-produk yang direkomendasikan di atas pada kategori Home and Living di Lazada.Dalam rangka menyambut ulang tahun Lazada ke sembilan tahun, Lazada mengadakan “Lazada 9 Birthday Sale Penuh Kejutan” pada 27 Maret sampai 31 Maret 2021.

Sepanjang periode tersebut,Anda berkesempatan untuk mendapatkan promo spesial untuk mewujudkan kamar tidur nyaman.

Baca Juga: Masyarakat Bisa Berkontribusi dalam Atasi Persoalan Sampah Plastik dengan Cara Ini

Anda dapat memperoleh diskon untuk produk GM Bear Alat Pel Lantai Spin Mop Hitam 1018-Ultra Mop Aclima Black. Peralatan kebersihan ini didiskon menjadi Rp 89.900 dari harga aslinya Rp 99.900.

Hannochs Lampu LED NEX 12 watt CDL 5 pcs juga didiskon menjadi Rp 108.000 dari harga asli Rp 118.000. Sementara seprai Endless Love King Size B2 ukuran 180x200 centimeter dapat diperoleh dengan harga Rp 92.900 saja dari harga Rp 118.000.

Anda yang berniat mengganti kasur juga dapat memperoleh spring bed dari brand In The Box ukuran 120x200 centimeter dengan harga spesial Rp 1.234.050.

Dengan berbelanja di Lazada, Anda bisa mendapatkan diskon hingga 99 persen, bonus dadakan sampai dengan Rp 25 miliar, dan gratis ongkir untuk berbagai kategori produk pilihan. Gratis ongkir ini diberikan setiap hari, tanpa batas waktu tertentu.

Baca Juga: Sering Mencabut Kabel atau Dibiarkan Menyala, Mana yang Buat Listrik Makin Bengkak?

Jangan lewatkan juga Brand Mega Offer di tanggal 27 Maret pukul 00.00 – 02.00 WIB dan Flash Sale plus Crazy Flash Sale dengan harga mulai dari Rp 9 rupiah selama lima kali sehari di jam-jam berikut, 00.00 WIB, 06.00 WIB, 10.00 WIB, 14.00 WIB, dan 19.00 WIB.

Jadi jangan sampai ketinggalan ya! Segeradownloadaplikasi Lazada dismartphoneatau kunjungi langsung situs Lazada diLazada Indonesia. Segera check out barang-barang kebutuhan ruang tidur agar kualitas tidur lebih baik.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya