Supermarket di Jerman Ini Gunakan Pencahayaan Disinfeksi UV-C untuk Sterilkan Udara cegah Penularan Penyakit

Kamis, 08 April 2021 | 17:45
Edeka Jerman-Signify

Edeka, supermarket di Jerman gunakan pencahayaan disinfeksi UV-C Signify.

IDEAOnline-Di saat pandemi seperti ini, kegaiatan berbelanja di supermarket menjadi salah satu kegiatan yang rawan risiko tertular penyakit.

Bagaimana tidak, saat beraktivitas di supermarket kamu harus berjalan melalui lorong-lorong yang ramai untuk menemukan barang yang ingin kamu beli, kamu harus mengambilnya ketika menemukan barangnya, dan itu artinya ada kontak fisik di sana, kemudian di akhir perjalanan, kamu mendapatkan antrian panjang saat akan melakukan pembayaran.

Berbelanja ke supermarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di saat pendemi, menjadi sebuah aktivitas yang penuh tantangan.

Tentu saja, bukan hanya kamu di Indonesia yang merasakan ini. Semua orang, di belahan bumu ini, mengalami hal yang sama.

Namun, berkat pemasangan pencahayaan desinfeksi UV-C dari Signify, pelanggan EDEKA Clausen di Hamburg dapat merasa yakin bahwa peritel mereka mengutamakan keselamatan mereka.

EDEKA Clausen di Hamburg adalah supermarket EDEKA pertama di Jerman yang memasang solusi pencahayaan desinfeksi UV-C ini.

Peritel ini memasang 31luminer disinfeksi Philips UV-C upper air untuk melindungi cabang besar mereka seluas 1.315,70 meter persegi di Hamburg, atau seperempat ukuran lapangan sepak bola.

Baca Juga: Banting Stir dari Model Jadi Jualan Katering, Begini Nasib Bebi Silvana Usai Dinikahi Penyanyi Religi Kondang, Intip Huniannya!

EDEKA Clausen juga akan mulai menggunakan satu unit Philips BioShift UV-C disinfection chamber.

“Kami bangga menjadi supermarket pertama di Jerman yang menyediakan lapisan perlindungan tambahan bagi pembeli dan karyawan kami,” kata Dr. Dirk-Uwe Clausen, Managing Director EDEKA Clausen.

UV-C memecah DNA atau RNA mikro-organisme, termasuk virus dan bakteri, sehingga mereka tidak lagi berbahaya.

Lampu UV-C Signify memancarkan puncak radiasi pada 254 nm, yang mendekati panjang gelombang puncak untuk menonaktifkan kuman, dan karenanya ideal untuk mendesinfeksi udara, permukaan, dan benda.

Baca Juga: Kotak Disinfeksi UV-C, Cara Praktis dan Efektif Sterilkan Benda Sehari-hari dari Virus, Bakteri, dan Jamur

Edeka Jerman-Signify

Sterilkan udara di area supermarket dengan Pencahayaan Disinfeksi UV-C Signify.

Mendisinfeksi Udara di Area Supermarket

Pencahayaan UV-C yang digunakan oleh EDEKA Clausen untuk tujuan ini adalah, Luminer desinfeksi Philips UV-C upper air.

Perangkat ini dipasang pada ketinggian 3,2 hingga 3,5 meter pada kolom penyangga dan dinding.

Selain itu, luminer desinfeksi Philips UV-C upper air dilengkapi dengan pelindung dan optik untuk mencegah paparan radiasi UV-C, sehingga karyawan dapat mengisi rak dengan aman, sementara pelanggan mencari barang belanjaan mereka.

Luminer desinfeksi Philips UV-C upper air secara terus menerus mendesinfeksi udara yang mengalir melalui area atas toko berkat konveksi alami, atau sirkulasi udara.

Hal ini juga memastikan bahwa udara yang didesinfeksi mengalir kembali ke bagian bawah toko dan bercampur dengan udara di situ.

Baca Juga: Ternyata Selama Ini Salah, Begini Cara Simpan Daging di Freezer, Bisa Awet Sampai 9 Bulan!

Baru-baru ini, efektivitas luminer desinfeksi UV-C upper air milik Signify dalam menonaktifkan SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, telah divalidasi

oleh Innovative Bioanalysis, sebuah Laboratorium Referensi Keselamatan Bersertifikat CAP, CLIA, AABB di Costa Mesa (California).

“Kesehatan para pelanggan dan karyawan kami adalah prioritas utama kami. Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan berbelanja yang aman dan berkualitas tinggi bagi pelanggan kami. Para pedagang mandiri kami sangat memperhatikan kepatuhan terhadap peraturan kebersihan dan izin yang berlaku di toko mereka,” kata Stefan Giese, Managing Director EDEKA Nord.

Baca Juga: Pandemi Mengubah Standar Keamanan Gedung, Inilah Teknologi yang Digunakan pada Desain Kantor Kini dan Masa Depan

Edeka Jerman-Signify

Sterilkan benda yang dipakai bersama dengan disinfeksi UV-C Signify.

Mendisinfeksi Benda dan Perangkat Bersama

Selain luminer upper air, EDEKA Clausen akan menggunakan Philips BioShift UV-C disinfection chamber yang menambahkan lapisan keamanan lain untuk karyawan dan pelanggan.

Produk ini digunakan untuk mendesinfeksi benda dan perangkat (bersama).

Misalnya, pemindai tangan yang digunakan oleh beberapa karyawan dapat didesinfeksi dengan cepat dan efektif.

Baca Juga: Bisa Berakibat Fatal, Ini Alasan Kenapa Saus Sambal Jangan Disimpan di Kulkas!

Philips Bioshift UV-C disinfection chamber ini menonaktifkan SARS-CoV-2 ke tingkat Log6.

Pencahayaan dilengkapi dengan alat keamanan tambahan untuk mencegah pintu terbuka tanpa disengaja untuk memberikan tingkat keamanan tertinggi.

“Selama beberapa dekade terakhir, kami telah mengembangkan kompetensi aplikasi yang kuat di bidang disinfeksi UV-C. Kami sangat senang bahwa produk kami dapat memberikan sepotong “normalitas baru” bagi banyak orang di berbagai tempat yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kami harap banyak peritel yang akan mengikuti jejak EDEKA,” kata Christian Goebel, Sales Director Public di Signify DACH.

Di Indonesia sendiri, Signify telah menghadirkan rangkaian produk untuk mendesinfeksi berbagai benda sehari-hari, yaitu Philips UV-C didinfection box bagi konsumen rumah tangga dan Philips UV-C disinfection cjamber untuk pengguna profesional.

Aplikasi lampu UV-C untuk penggunaan profesional harus selalu dilakukan oleh para profesional sesuai dengan syarat dan instruksi keselamatan untuk melindungi manusia dan hewan dari resiko kerusakan kulit dan mata akibat terkena paparan sinar UV-C.

Pencahayaan UV-C Signify dirancang, dipasang, dan digunakan sesuai dengan instruksi keselamatan yang spesifik untuk masing-masing produk, dan diproduksi dengan proses industri yang terkontrol.

Baca Juga: Efektif Digunakan sebagai Disinfektan, Inilah Cara Aman Menggunakan UV-C

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya