Inilah Desain dan Penataan Ruang Aman jika Ada Lansia di Rumah

Jumat, 27 Agustus 2021 | 07:30
alodokter

Ilustrasi-Lansia sehat dan aman di rumah.

IDEAOnline-Jika ada manula atau lansia tinggal bersama kita di rumah, satu hal yang wajib dilakukan adalah menciptakan rumah aman dan nyaman bagi mereka.

Keadaan mereka yang sudah renta dan reflek tubuh yang sudah menurun, amat berpotensi mengalami kecelakaan di rumah, meski oleh hal sesepele apapaun, yang buat kita yang masih kuat mungkin sama sekali tak mengganggu.

Beberpa bagian rumah dan elemen yang digunakan di rumah ini, wajib menjadi perhatian kamu.

Baca Juga: Ibu-ibu Jangan Lagi Simpan 7 Benda Ini di Kamar Mandi, Ternyata Bahayanya Enggak Main-main..

Baca Juga: Meminimalisasi Efek Samping Vaksinasi Covid-19, Kondisi Ini Harus Dipenuhi Lansia

Nah, IDEA Lovers apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjamin keadaan rumah yang aman bagi orang tua atau manula di rumah?

Idea.grid.id

Perlu pengaman berupa pegangan di kamar mandi agar aman bagi manula.

Baca Juga: Ribuan Berita Bohong Soal Makanan Sehat Tersebar di MedSos selama Pandemi, Ini Rekomendasi WHO

Baca Juga: Kondisi Rumah seperti Ini Akan Meningkatkan Imunitas Tubuh Lansia

1. Kamar Mandi

  • Para lansia membutuhkan istirahat yang lebih banyak pada saat beraktivitas, begitupun di saat mereka mandi. Untuk itu, pastikan terdapat dudukan pada kamar mandi.
  • Pasang pula hand rail atau pegangan tangan di kamar mandi. Pasang pengaman ini pada area dekat kloset agar orang tua dapat bangkit dan duduk dengan mudah. Tidak hanya para lansia yang terasa nyaman, tetapi pengasuh lansia juga dapat mudah memandikan. Tambahkan railing sepanjang dinding sebagai tempat berpegangan
  • Pastikan kamar mandi selalu terang karena penglihatan orang tua sudah berkurang. Lebih baik lagi pasang sensor yang dapat menyalakan lampu secara otomatis ketika orang masuk ke kamar mandi agar pengguna tidak direpotkan mencari sakelar.
  • Hilangkan perbedaan level lantai pada kamar mandi. Ini agar orang tua mudah berjalan dalam kamar mandi danjuga membantu jika harus memasukkan kursi roda ke dalam kamar mandi.
  • Pilih keran yang mudah digunakan dengan sesedikit mungkin gerakan. Jangan gunakan keran yang harus diputar karena akan merepotkan bagi orang tua.
  • Khusus untuk lansia yang menggunakan kursi roda, biasanya memerlukan ukuran kamar mandi yang luas. Jika rumah Anda memiliki ruanglebih, bisa juga untuk mendesain kamar mandi yang bisa leluasa untuk dilalui menggunakan kursi roda.
depositphotos

Ilustrasi lemari pintu geser.

2. Lemari

Saat lansia, daya genggam tangan tidak sekuat saat muda. Agar memudahkan, tidak ada salahnya untuk menggunakan lemari pakaian dengan pintu geser.

Biasanya lemari ini terlihat seperti berada di dalam dinding. Selain dapat memudahkan manula, jenis lemari ini cukup menghemat ruangan.

Atur isi pakaian di dalam rak, agar tidak terlalu banyak. Karena, bila diisi terlalu penuh, ini akan menyulitkan lansia untuk mengambil pakaian.

Kemudian, pilihlah rak pakaian yang dapat ditarik. Tentu saja,kamu harus mengatur ketinggian yang mudah dicapai.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Jangan Lagi Menumpuk 5 Benda Ini di Kamar, Pengaruhi Kesehatan hingga Bisa Menambah Stres

Baca Juga: Perlu Diketahui sebelum Bikin Kitchen Set Baru, Teknologi pada Laci dan Lemari Dapur

3. Ruangan yang Terang

Duduk dan bersantai sembari membaca atau merajut adalah aktivitas yang menyenangkan saat lansia. Karena faktor usia, kemampuan pengelihatan pun juga akan semakin melemah.

Agar nyaman, buatlah pencahayaan pada ruangan sealami mungkin. Sekalipun menggunakan lampu bohlam, gunakan warna lampu putih agar tidak silau.

tokopedia

Ilustrasi sakelar.

4. Sakelar

Tidak ada yang menyangka bahwa sakelar dapat memudahkan seorang lansia untuk beraktivitas. Ukuran sakelar yang kecil menyulitkan lansia untuk melihat.

Ukuran sakelar yang lebarmemudahkan kaum lansiamenekan tombol tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra.

5. Tempat Mencuci Piring

Dapur adalah salah satu spot rumah yang kerap dikunjungi kaum lansia. Kendati menggunakan kursi roda, para lansia masih berkeinginan melakukan semua aktivitas dengan sendiri.

Menjangkau tempat cuci piring (sink washtafel) bagi lansia adalah hal yang tidak mudah.

Untuk itu, desainlah tempat cuci piring atau cuci tangan, tidak terlalu tinggi dan juga berikan ruang kosong di bawahnya.

Hal ini bertujuan agar para lansia lebih mudah dalam mencuci piring dan meraih keran.

Terakhir, gunakan kabinet penyimpan piring dan gelas dengan plastik atau kaca yang tembus pandang. Upaya ini akan menghemat waktu dan energi untuk mengambil peralatan makanan.

Baca Juga: Bantu Mobilitas Lansia dan Pengguna Kursi Roda, Lift Fleksibel Ini bisa Dipasang di Rumah Kecil

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya