Stop Kebiasaan yang Bikin Ruang Keluarga Berantakan, Lakukan Cara Ini!

Sabtu, 06 November 2021 | 10:00
Bower Power

Ilustrasi ruang tamu yang berantakan dan tidak sehat

IDEAonline - Tentunya semua orang ingin memiliki rumah yang rapi dan terorganisasi.

Namun bagi beberapa pemilik rumah, hal ini tidaklah mudah. Ada saatnya ketika rumah kita terlihat berantakan.

Berantakan yang dimaksud di sini pun tidak sebatas memiliki banyak barang yang diletakkan secara acak-acakan.

Adakalanya, kita makin mengacaukan ruang di sekitar kita dengan menambahkan elemen dekoratif yang tidak diperlukan dan tidak sesuai dengan tema ruangan secara keseluruhan.

Baca Juga: 13 Cara Makeover Ruang Keluarga Sempit agar Lebih Hangat dan Akrab

Di antara banyaknya ruangan yang ada di rumah, ruang keluarga (yang saat ini juga banyak difungsikan menjadi ruang untuk menerima ruang tamu), menjadi salah satu target utama kekacauan di rumah.

Kebanyakan dari kita memilih kebiasaan untuk meletakkan barang apa pun yang baru kita beli di ruang ini.

Barang-barang ini termasuk aksesori ruangan yang mungkin baru kita beli karena terlihat cantik saat dipajang di toko.

Padahal, ruang keluarga menentukan nada dan kesan pertama untuk setiap ruang lain di rumah.

Bagi IDEA Lovers yang memiliki ruang keluarga yang terkesan berantakan, entah itu karena banyaknya barang yang tidak terorganisasi atau karena elemen interiornya yang acak-acakan, ini adalah saatnya IDEA Lovers memperbaiki masalah ini.

Dilansir dari decoist.com, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk memiliki ruang tamu yang sehat dan bebas kekacauan.

Baca Juga: 11 Cara Bikin Interior Ramah Lingkungan Tanpa Perlu Renovasi, Pakai Bunga Kering Salah Satunya!

Pilih Gaya dan Rencanakan

Langkah pertama yang paling mendasar untuk mengatur ruang keluarga adalah memilih gaya dan rencana dekorasi untuk ruang tersebut.

Dengan sebagian besar rumah modern yang menganut model ruang terbuka, gaya ruang keluarga ini juga terikat dengan gaya dapur dan ruang makan.

Sudah saatnya IDEA Lovers menetapkan gaya ruang keluarga yang jelas untuk memberikan seluruh area daya tarik yang senada.

Memiliki furnitur yang berfungsi ganda di ruang keluarga adalah salah satu alternatif pilihan yang bisa IDEA Lovers buat untuk menghemat ruang.

Ada begitu banyak cara berbeda yang bisa dilakukan untuk menghemat ruang di sini. Ini sangat membantu dalam menciptakan ruang keluarga yang lebih efisien dan terorganisasi.

Baca Juga: Wujudkan Smart Home, Ini Jajaran Perangkat Pintar Terbaru ACE

Opsi Penyimpanan Tersembunyi

Selain furnitur yang membantu menghemat ruang dengan melayani lebih dari satu fungsi, IDEA Lovers juga dapat menggunakan tempat penyimpanan tersembunyi untuk mengatasi masalah kekacauan di ruang ini.

Misalnya, meja kopi dengan area penyimpanan di bagian bawahnya dapat membantu menyembunyikan majalah IDEA Lovers.

Mungkin IDEA Lovers juga bisa memiliki meja samping dengan laci untuk remot TV atau gadget lain. Bangku di sudut ruangan juga bisa berfungsi sebagai peti untuk menyimpan mainan anak-anak.

Baca Juga: 8 Jenis Ruang Keluarga Ini dapat Dipilih sesuai Karakter Penggunanya, Mana yang Cocok Untukmu?

Rapikan dan Bersihkan

Mungkin ini merupakan tips yang sudah cukup jelas dan tidak perlu disampaikan lagi. Namun nyatanya, tidak banyak orang melakukannya secara rutin.

Setiap ruang keluarga yang baik adalah yang telah dibersihkan dan dirapikan secara teratur.

Sebagai aturan, kebanyakan dari kita kurang disiplin untuk membersihkan kekacauan ke rumah kita. Ruang keluarga menjadi tempat kita meletakkan semua paket, belanjaan, dan barang-barang yang kita bawa ke rumah.

Sudah waktunya IDEA Lovers mengembangkan kebiasaan merapikan dan membersihkan ruang keluarga secara rutin.

Baca Juga: Kesempatan Terakhir bagi Bumi dan Harapan Nyata bagi Generasi Mendatang, COP26 Digelar Bahas Perubahan Iklim

Pilih Sofa dan Meja yang Tepat

Penting untuk menempatkan sofa di ruang keluarga dengan benar, terlebih lagi karena sofa menjadi salah satu penentu gaya, desain, dan corak dekorasi lainnya di ruang keluarga.

Sofa adalah bagian besar dari narasi ruang keluarga baik secara fungsional maupun visual. Inilah sebabnya mengapa memilih sofa yang tepat adalah awal yang baik.

Tambahkan meja di sudut untuk meningkatkan desain interior yang hemat ruang dan lengkapi pengaturan dengan kursi tambahan dan meja kopi yang tepat untuk melayani gaya hidup IDEA Lovers.

Mendapatkan Rak Tambahan

Apabila semua barang yang ada di ruangan terasa penting, tidak perlu memaksa diri untuk membuang atau menyumbangkannya.

IDEA Lovers hanya membutuhkan rak, lemari, dan unit mandiri tambahan.

Dinding rak buku di latar belakang adalah ide populer di ruang hidup modern dan rangkaian rak terbuka yang luas ini juga dapat menampung berbagai elemen dekoratif lainnya.

Tentukan Unit Hiburan yang Dibutuhkan

Teknologi adalah inti dari gaya hidup saat ini dan IDEA Lovers pasti tidak dapat membayangkan bahkan sehari tanpa wi-fi yang mendukung.

Unit hiburan di ruang keluarga sering menjadi jantung aktivitas di rumah dan bagi mereka yang memilih untuk meletakkan TV di ruang ini, menjaganya agar tetap teratur dan bersih adalah bagian utama agar ruang keluarga terasa rapi.

Rapikan kabel yang melintang, IDEA Lovers juga bisa menyembunyikannya dalam rak agar tidak terlihat, dan pastikan untuk memiliki unit yang sesuai dengan kebutuhan hiburan IDEA Lovers.

Baca Juga: Miliki Perjalanan Karier yang Baik dengan Meja Kerja sesuai Feng Shui

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti