Waspadai Lonjakan Tahun Baru, Ini Titik Destinasi Liburan Rawan Macet di Jalur Puncak!

Selasa, 28 Desember 2021 | 11:03
Travel.kompas.com

Ilustrasi macet di kawasan wisata

IDEAonline -IDEA lovers,pada tahun baru pasti tak sedikit yang sudah merencanakan berpergian bersama keluarga menghabiskan waktu bersama danPuncaksepertinya masih menjadi destinasi favorit.

KawasanPuncakCianjur, Jawa Barat memang sudah diprediksi jadi salah satu lokasi favorit masyarakat untuk menghabiskanlibur Natal2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca Juga: Ke Tempat Wisata saat Nataru, Jangan Abaikan Aturan dan Persiapan Ini!

Baca Juga: Sederet Alasan Waterfall by Crown Group jadi Ikon Hunian Bergaya Resor Pengusung Gaya Hidup Sehat

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur AKP Mangku Anom mengatakan, saat ini volume kendaraan mengalami kenaikan dan diprediksi melonjak hingga momen pergantian tahun.

Terdapat empat lokasi di sepanjang jalurpuncakyang rawan kemacetan, yakni di perbatasan atauPuncakPass, simpang Hanjawar, Pasar Cipanas, dan simpang Pegadaian.

Waduh, titik mana saja ya yang rawan kemacetan?

“Sejauh ini situasi lalin (lalu lintas) masih ramai lancar. Namun, kita tetap antisipasi karena ada beberapa spot yang rawan terjadi kemacetan,” kata Anom saat dikonfirmasi, Jumat (24/12/2021).

Tim kepolisian pun telah disiapkan, “kita siapkan dua tim pengurai, masing-masing jumlahnya empat sampai enam personel yang akan mobile di sepanjang jalur Puncak,” ujar dia.

Baca Juga: Ini Atruran bagi PKL saat Menggunakan Trotoar untuk Berjualan

Baca Juga: Jadi Pahlawan Pandemi, 3 Milenial Menerima Apresiasi ‘Home For Heroes’

Untuk menekan volume kendaraan dan mobilitas masyarakat, jajarannya jgua sudah merencanakan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas di jalur wisata tersebut.

Di antaranya penerapan sistem ganjil genap, buka tutup atau one way, hingga penutupan jalur dari kedua arah.

“Namun, sifatnya situasional ya, jika terjadi penumpukan di atas (jalur Puncak) atau sudah di atas 75 persen, baru kita tempuh (rekayasa lalu lintas),” ujar Anom.

Sebelumnya, sebanyak 1.105 personel gabungan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diterjunkan untuk pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Selain kesiapan personel di lapangan, sebanyak 22 pos didirikan di sejumlah tempat strategis. Kepala Polres Cianjur AKBP Doni Hermawan menyebutkan, pos-pos tersebut terdiri atas, satu pos terpadu, 12 pos pengamanan, dan sembilan pos pelayanan.

Selain itu, petugas juga akan melakukan pemeriksaan sertifikasi vaksin dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi bagi masyarakat dan pengguna jalan.

Doni mengutarakan, pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2021 fokus untuk memastikan status kesehatan, dan pengetatan penerapan protokol kesehatan serta mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"Jadi Destinasi Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 4 Titik Rawan Macet di Jalur Puncak"

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas

Baca Lainnya