7 Dampak Buruk dari Begadang dari Sakit Jantung hingga Gula Darah Tinggi

Sabtu, 07 Mei 2022 | 11:00
Greatist

Ilustrasi seseorang yang begadang

IDEAonline - Tidak dapat dimungkiri, banyak dari kita pasti pernah beberapa kali atau bahkan sering begadang.

Mungkin ada yang begadang untuk belajar, bekerja, atau sekadar untuk menikmati waktu bersantai sepulang kerja.

Namun, seperti yang kita tahu, begadang bukanlah keputusan yang baik untuk tubuh dan kesehatan kita.

Begadang sering dikaitkan dengan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Artikel yang dilansir dari bustle.com (16/11/2017) berikut ini akan membagikan beberapa dampak buruk begadang bagi kesehatan kita.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Lemari untuk Meningkatkan Estetika Kamar Tidur

Gula Darah Tinggi

Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa masalah kesehatan seperti gula darah tinggi rupanya berhubungan dengan orang-orang dengan jadwal malam hari.

Sementara penelitian ini bekerja dengan ukuran sampel yang relatif kecil, hasilnya menunjukkan bahwa peserta perempuan yang begadang juga lebih mungkin memiliki gula darah tinggi.

Hiperglikemia, gula darah yang sangat tinggi, sering kali dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya, mulai dari masalah yang bersifat sementara seperti kelelahan dan sakit kepala hingga kondisi yang lebih serius seperti penyakit kardiovaskular dan kerusakan ginjal.

Menyebabkan Kebiasaan Makan yang Buruk

Satu penelitian menemukan bahwa begadang membuat kita makan lebih banyak dan, sering kali, lebih buruk.

Seperti yang disarankan oleh hasil penelitian itu, kita mulai mengidam makanan padat dengan jenis lemak yang kurang bermanfaat ketika kita begadang melewati waktu tidur kita, yang pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Seimbangkan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan dengan Beberapa Tips Ini!

Penyakit Jantung

Bagaimana jika kita mempertahankan jadwal tidur yang cukup teratur sepanjang minggu dan hanya begadang/tidur larut malam di akhir pekan?

Satu studi menunjukkan itu mungkin masih dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan kita.

Para peneliti menyebut pola tidur ini sebagai "jet lag sosial" dan mengaitkannya dengan penyakit jantung.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa setiap jam jadwal tidur kita berubah, kita akan meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

Bisa Membuat Sakit

Seperti yang dinyatakan oleh Mayo Clinic, tidur berdampak pada sistem kekebalan tubuh kita.

Jika kita mulai sakit dan tidak mendapatkan tidur malam yang nyenyak, kita sebenarnya bisa membuat diri kita lebih sakit jika tidak memberikan cukup waktu bagi tubuh kita untuk melawan penyakit atau infeksi.

Baca Juga: Pilih Green Product untuk Rumah, Cara Tepat Selamatkan Bumi yang Mulai Sakit-sakitan

Berhubungan dengan Depresi

Dalam sebuah studi baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang menganggap diri mereka sebagai night owl juga lebih mungkin melaporkan gejala depresi.

Hal ini terutama berlaku di antara peserta yang begadang dan juga menderita diabetes tipe-2.

Meskipun belum tentu merupakan hubungan sebab-akibat, perlu dicatat bahwa keduanya tampaknya saling terkait pada tingkat tertentu.

Tidak Menyimpan Informasi

Sebuah laporan tahun 2016 dari Texas A&M menunjukkan bahwa begadang untuk belajar, yang sering menyebabkan kurang tidur, tidak membantu memori jangka panjang dan berdampak negatif pada kinerja otak.

Baca Juga: Lekat dengan Budaya Jawa, Ternyata Tanaman Satu Ini Bisa Cegah Stroke, Arteriosklerosis hingga Serangan Jantung

Memengaruhi Durasi Tidur

Kecuali jika kita menjalani kehidupan yang baik untuk bisa tidur delapan jam terlepas dari kapan kepala kita menyentuh bantal, kita kemungkinan akan kurang tidur saat begadang.

Ketika kita tidak tidur nyenyak atau tidak cukup tidur, itu akan membebani tubuh kita.

Kurang tidur dapat memperlambat waktu reaksi, yang bisa berbahaya saat sedang mengemudi, dan juga terkait dengan stres yang kita rasakan.

Sementara kita tentu tidak perlu tidur nyenyak sebelum jam 9 malam, yang pasti, yang terbaik adalah memastikan kita memberi diri kita cukup waktu untuk benar-benar tidur nyenyak.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : bustle.com

Baca Lainnya