Hati-hati Jadi Malapetaka, JANGAN Dianggap Remeh 6 Kebiasaan Buruk Usai Olahraga, Bukannya Sehat Malah 'Lewat'

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 05:00
Kompas.com

Resikonya Gede Banget! Stop Lakukan 6 Hal Ini Setelah Olahraga, Dikira Sehat yang Ada Malah Mati Muda

IDEAonline -Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan tubuh harus lebih diperhatikan dengan baik. Sebab, fungsi tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia.

Jadi mudah sakit.Misalnya, sesuatu yang sederhana seperti flu atau pilek dapat berkembang dan menyebabkan komplikasi, seperti pneumonia, bronkitis, infeksi telinga, atau infeksi sinus.

Banyak IDEA lovers yang hanya duduk berdiam diri di rumah. Padahal, beraktivitas atau olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kebugaran agar kesehatan fisik dan mentalnya tetap terjaga dengan baik.

Tapi, ternyata ada kebiasaan setelah olahraga yang ternyata justru bikin badan sakit.

Nah, loh!

Baca Juga:Mulai dari Rp 8,000an, Ini 4 Rekomendasi Pewangi Kamar Mandi yang Bikin Bau Pesing dan Bau Tak Sedap Lainnya Hilang!

Baca Juga:Tolong Mulai Sekarang Jangan Mengisi Daya Ponsel di Ruangan yang Panas, Ternyata Ada Cara Mengecas Hp Agar Terisi Lebih Cepat!

IDEA lovers pun harus tahu apa saja deretan 6 hal berbahaya setelah olahraga ini.

Harus cek sekarang juga.

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Setelah Berolahraga

Dijelaskan pada lamanBetterHealth,seseorangdianjurkan berolahraga setidaknya 30 menit sehari selama minimal 3-5 hari atau total 150 menit dalam seminggu.

Disebutkan bahwa dengan rutin berolahraga, kesehatan seseorang akan meningkat dan mengurangi risiko mereka terkena beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Olahragajuga akan bermanfaat untuk kesehatan secara langsung dan jangka panjang.

Namun terlepas dari itu, tahukah ternyata ada beberapa hal yang baiknya tidak dilakukan setelah berolahraga karena cukup berisiko.

Melansir lamanonehealthclubs(14/1/2020), jangan pernah lakukan 6 hal berikut ini setelah berolahraga.

1.Melewatkanperegangan

Baca Juga:Tolong Mulai Sekarang Jangan Mengisi Daya Ponsel di Ruangan yang Panas, Ternyata Ada Cara Mengecas Hp Agar Terisi Lebih Cepat!

Baca Juga:PERHATIAN! Ternyata Ada Cara Alami Buat Rumah Jadi Makin Wangi Tak Bau Apek Lagi, Coba Siapkan Dua Bumbu Dapur Ini

Pendinginan jelas merupakan bagian termudah dari latihan untuk dilewati. IDEA lovers mungkin sedang makan siang, dan perlu mandi, atau kembali ke kantor, atau menjemput anak-anak dari sekolah.

Apa pun alasannya, jika IDEA lovers terburu-buru keluar dari gym setelah berolahraga, kehilangan bagian penting dari proses pemulihan.

Tidak perlu sesuatu yang mewah; hanya cara untuk memutar kembali dan memperlambat segalanya ke tingkat istirahat.

Ini bisa berarti melakukan beberapa gerakan yoga sederhana, menggunakan roller busa, atau bahkan berjalan melalui pendinginan yang mudah di treadmill selama 5-10 menit.

Ketika IDEA lovers tidak memfasilitasi pemulihan otot dengan pendinginan atau peregangan yang tepat, cedera dapat terjadi.

Mengetahui cara melakukan peregangan dengan benar untuk tubuh adalah kuncinya.

Bekerja dengan pelatih pribadi, atau berkonsultasi dengan instruktur kebugaran tepercaya, dapat membantu IDEA lovers mengetahui apa yang terbaik untuk tubuh.

2. Langsungbermainponsel

Baca Juga:Kamar Mandi hingga Kamar Baby L Masuk Titik Pemeriksaan Polisi Saat Berada di Rumah Rizky Billar, Sang Pemilik Rumah Malah Nyelonong Pergi!

Baca Juga:PERHATIAN! Ternyata Ada Cara Alami Buat Rumah Jadi Makin Wangi Tak Bau Apek Lagi, Coba Siapkan Dua Bumbu Dapur Ini

Memberi otak sedikit ruang untuk bernapas selama dan setelah olahraga IDEA lovers akan memaksimalkan manfaat fisik dan mental dari sesi berkeringat.

Luangkan waktu sebanyak yang bisa setelah berolahraga untuk menyerap dan menikmatiendorphin-induced high, yang artinya relaks dan bebas dari tekanan. Percayalah, ponsel bisa menunggu IDEA lovers.

3. Pergihang outdengan pakaian olahraga

Nongkrongdengan pakaian berkeringat berpotensi membahayakan sistem kekebalan, itu bisa membuat IDEA lovers berisiko terkena infeksi kulit atau jamur, dan, jujur ​​​​saja, pakaian yang berkeringat dan lengket itu menjijikkan.

Bahkan jika pakaian IDEA lovers mengering saat menjalankan tugas, bau dan bakteri tetap ada.

Jika tidak bisa langsung mandi, minimal bawa baju ganti; termasuk kaus kaki dan pakaian dalam.

4.Mengonsumsimakanan tidak sehat

Untuk membantu pemulihan setelah berolahraga, IDEA lovers pasti ingin memberi nutrisi pada tubuh dalam waktu 30 menit setelah berolahraga.

Tapi itu tidak berarti IDEA lovers harus makan pizza, donat, atau makanan olahan yang 'buruk untuk tubuh'. Makan setelah berolahraga adalah tentang mengganti kalori yang telah dihabiskan.

Baca Juga:Kamar Mandi hingga Kamar Baby L Masuk Titik Pemeriksaan Polisi Saat Berada di Rumah Rizky Billar, Sang Pemilik Rumah Malah Nyelonong Pergi!

Baca Juga:PERHATIAN! Ternyata Ada Cara Alami Buat Rumah Jadi Makin Wangi Tak Bau Apek Lagi, Coba Siapkan Dua Bumbu Dapur Ini

Sangat penting untuk mengisi kembali glikogen dan elektrolit yang telah habis selama latihan.

Makan protein setelah berolahraga adalah suatu keharusan untuk pemulihan otot, terutama setelah latihan beban.

Jika tidak makan setelah berolahraga, IDEA lovers bisa berakhir lelah, melawan gula darah rendah, dan menghambat proses perbaikan tubuh.

5. Kurang minum air

Penting untuk terus minum air setelah latihan selesai. Air menghidrasi semua bagian tubuh. Ketika sel-sel tubuh tidak terhidrasi dengan baik, mereka tidak dapat bekerja, dan, dalam kasus sel-sel otot, tumbuh dengan kemampuan terbaiknya.

Juga, hidrasi yang tepat setelah berolahraga dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi nyeri sendi.

6. Minum alkohol

Minum alkohol segera setelah berolahraga adalah salah satu hal terburuk yang dapatkita lakukan untuk tubuh. Ini akan memperlambat pemulihan, dan mengurangi manfaat dari latihan.

Itulah beberapa hal yang baiknya tidak dilakukan setelah olahraga.

Benarkah Minum Air Dingin Setelah Berolahraga Itu Berbahaya?

Minum air dingin setelah berolahraga memang banyak dihindari karena dipercaya tidak baik untuk tubuh.

Sementara itu warganet lain mengatakan bahwa tubuhnya mungkin terlalu panas akibat latihannya dan air es jadi "kejutan" untuk sistem tubuhnya.

Namun semua teori ini sebenarnya tidak benar.

Seorang dokter datang untuk mengklarifikasi penyebab kematian pria itu.

Ia mengatakan bahwa sebagian besar penyebab kematian setelah aktivitas olahraga adalah karena serangan jantung mendadak, atau terkait dengan otak atau bahkan paparan udara panas atau heat stroke.

Faktanya, dokter tersebut mengatakan bahwa kematian jantung mendadak berperan 80% dari kematian yang terjadi setelah latihan intensif.

Ia juga menjelaskan bahwa sangat tidak mungkin bahwa "kejutan" dingin pada sistem tubuh bisa membunuh pria itu.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kita memang tidak boleh minum air dingin setelah latihan yang berat.

Kenapa, ya?

Yang perlu diperhatikan adalah suhu air yang dikonsumsi.

Suhu air yang aman untuk diminum setelah olahraga adalah 4 sampai 15 derajat celcius.

Sedangkan air dingin pada dasarnya masih dalam suhu tersebut.

Yang jadi bahaya adalah jika kita mengonsumsi air es yang suhunya lebih rendah dari suhu yang dianjurkan.

Suhu air es biasa di bawah 4 derajat Celcius.

Kalau IDE lovers bingung mengukur suhu air, coba membedakan air dingin dan air es dengan merasakannya.

Saat kita minum air es biasanya gigi IDEA lovers akan ngilu, berbeda dengan air dingin yang terasa biasa saja di mulut.

Nah, menurut para ahli kesehatan, ternyata IDEA lovers tidak boleh minum air es setelah berolahraga, lo.

Baca Juga:'Alhamdulilah' Enggak Perlu Beli Baru, Begini Cara Perbaiki Kasur Busa yang Mengempis, Mudah!

Baca Juga:9 Rekomendasi Pemutih Pakaian Mulai dari 400 Rupiah yang Wajib Dicoba, Bikin Kemeja Putih 100 Kali Lebih Kinclong

Minum air es saat IDEA lovers tidak berolahraga saja sebenarnya tidak disarankan, apalagi setelah berolahraga.

Kalau kita terlalu banyak minum air es, pembuluh darah IDEA lovers bisa jadi menyempit dan membuat aliran darah berhenti.

Selain itu, air es juga sulit diserap oleh tubuh sehingga membuat IDEA lovers semakin haus.

Kalau kita semakin haus, IDEA lovers akan lebih banyak minum air dan perut kita akan terasa kembung.

Air es juga membuat kita jadi lebih sering pipis, lo, karena kandung kemih berada di depan usus halus.

Semakin dingin usus halus IDEA lovers, air pipis akan semakin sulit ditahan oleh kandung kemih.

Pipis memang baik untuk tubuh, tapi kalau IDEA lovers terlalu sering pipis, tubuh bisa kekurangan nutrisi seperti potasium dan sodium.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya