Mengenal Prambanan, Tempat Persinggahan Api Obor Asian Games

Senin, 23 Juli 2018 | 15:30
Kompas.com

Api Asian Games di Prambanan

iDEAonline- Api obor Asian Games 2018 yang diambil dari India dan Merapen, Jawa Tengah, disatukan di Candi Prambanan oleh dua legenda atlet Indonesia, Yustedjo Tarik dan Susy Susanti.

Candi Prambanan sendiri merupakan candi denganarsitektur yang megahdan merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Tribunnews.com

Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo,Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo,Prambanan, Klaten.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik tentang Honai, Rumah Tradisonal Papua yang Perlu Kamu Ketahui

Antara Foto/Ismail Patrizki

Api ASIAN GAMES di Prambanan

Menurut Roy Jordaan, Prambanan adalah sebuah kompleks percandian yang pada mulanya, atau menurut rancangan aslinya, terdiri atas 250 buah candi lebih, baik besar maupun kecil.

Barry Kusuma

Candi Prambanan

Bangunan candi menghadap ke arah timur dengan pintu masuk utama candi adalah gerbang timur. Tetapi kompleks Candi Prambanan memiliki empat arah penjuru mata angin.

Tri Hatmadji mengatakan bahwa candi Prambanan memiliki pola tapak persegi dengan bentuk meruncing ke atas dan berakhir pada puncak yang berbenyuk ratna. Tinggi Candi Prambanan mencapai 47,6 meter.

Valet.ru

Candi Prambanan

Candi Siwa sebagai candi induk diapit oleh Candu Brahma dan Candi Wisnu serta didukung oleh tiga candi wahana, dua candi apit, empat candi Kelir, empat candi patok, dan 224 bangunan candi perwara dengan luas seluruh halaman 390 x 390 meter persegi.

BACA JUGA:Yuk Kenalan dengan Arsitektur Gotik, Gaya Arsitektur dari Perancis

Candi Siwa adalah candi induk, dan hal itu dapat disimpulkan dari tempatnya di bagian tengah, ukurannya yang lebih luas (34x34x47m) dan bentuk dasarnya yang lebih pelik.

IJerzman

Candi Prambanan

Candi Brahma dan Wiṣṇutidak terlalu berbeda dengan Candi Siwatetapi lebih kecil ukurannya (20x20x30m) dan lebih sederhana desainnya.

Nama kedua candi ini berasal dari arca Brahmā dan Wiṣṇu yang sebelumnya ditempatkan dalam tiap-tiap bilik itu.

Wira tour

Candi Wisnu dan Candi Brahma

Arsitektur Candi Prambanan memiliki kekhasan tersendiri, dengan berpedoman pada tradisi arsitektur Hindu yang tercantum dalam kitab Wastu Sastra, denah candi mengikuti polamandala dan bentuk candi yang tinggi menjulang merupakan ciri khas candi Hindu.

Nusantara Kaya

Candi Prambanan Malam Hari

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya