Follow Us

3 Pantangan Saat Mendesain Pencahayaan di Rumah

Nurul Hardiyanti - Kamis, 24 Agustus 2017 | 08:45
Garis-garis sambungannya begitu rapat, tak kalah bagus dari lantai beton.
Nurul Hardiyanti

Garis-garis sambungannya begitu rapat, tak kalah bagus dari lantai beton.

Rumahguide - Tidaklah lengkap bila dekorasi interior tidak didukung dengan pencahayaan yang optimal. Ya, semua itu seperti sebuah aspek yang tak boleh terpisahkan. Bayangkan bila Anda tak memikirkan menyoal pencahayaan di rumah, pasti aktivitas Anda pun akan terganggu karenanya.

Sebagai contoh, ketika Anda mendesain ruang kantor atau ruang kerja namun di dalamnya tak dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup. Otomatis Anda tak akan nyaman berada di sana. Benar? Kendati demikian, merancang pencahayaan tak boleh semata-mata dilakukan secara asal.

Terdapat beberapa hal yang sebaiknya Anda tidak lakukan ketika merancang pencahayaan di rumah. Apa sajakah itu? Simak 3 hal beserta uraian singkatnya berikut ini.

Pencahayaan yang Menyilaukan

Jika Anda sedang merancang pencahayaan di rumah, usahakan jangan sampai pencahayaan tersebut dapat menyilaukan mata. Tentu dengan kondisi seperti itu, akan sulit dan tak nyaman ketika Anda melakukan aktivitas di sana.

Silau dapat timbul akibat pemilihan lampu yang watt-nya terlalu besar. Silau juga bisa terjadi jika cahaya putih mengenai bidang putih dan kemudian memantul. Oleh karenanya, jika dinding di rumah Anda berwara putih, jangan sekali-kali membuat pencahayaan yang langsung mengarah ke dinding.

Pakai Satu Sakelar untuk Banyak Lampu

Boleh saja bila Anda menggunakan lampu dengan jumlah yang banyak dalam suatu ruangan. Namun, usahakan tidak memakai terlalu banyak lampu dalam satu sakelar. Misalnya mengoprasikan 4 lampu dalam satu saklar sekaligus.

Hal tersebut dapat mengakibatkan pemborosan energi. Mengapa? Logikanya, lampu yang tak harusnya terpakai akan menyala juga.

Menggunakan Lampu yang Tidak Sesuai

Ketidaksesuian ini bisa berkaitan dengan jenis, besaran, ataupun penempatan lampu. Jika Anda menggunakan lampu yang tidak sesuai maka efek atau hasil yang dikeluarkan pun tidak bagus dan dapat mengganggu Anda. Misalnya, peletakkan lampu yang tidak sesuai mengakibatkan cahaya yang dihasilkan tidak optimal, akhirnya akvitas Anda pun terhambat karenanya.

Nah, itu dia 3 pantangan yang tak boleh dilakukan kala merancang pencayahaan di rumah. Semoga bermanfaat!

Teks Zeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

Editor : Nurul Hardiyanti

Latest