Follow Us

Gereja Våler Kirke Miliki Atap Piramidal, Bangkitkan Sejarah Bangunan Sebelumnya

Rebi - Kamis, 14 Februari 2019 | 20:00
Gereja Våler Kirke
Rasmus Norlander

Gereja Våler Kirke

IDEAonline - Pengganti gereja abad ke-19 yang kebakaran di desa Våler di Norwegia memiliki atap kayu piramidal yang menyalurkan cahaya matahari ke ruang-ruang ibadahnya.

Våler Kirke menggantikan gereja kayu bersejarah desa yang hancur total akibat kebakaran pada tahun 2009.

Desain arsitek yang berbasis di Oslo, Espen Surnevik, adalah pemenang kompetisi internasional karena menghadirkan tanggapan empatik terhadap brief dengan menghormati memori dari gereja sebelumnya.

"Kisah utama liturgi telah menjadi narasi gereja: dari api ke kebangkitan," Surnevik menjelaskan, menambahkan bahwa lokasi, bentuk dan materialitas bangunan baru tersebut diinformasikan oleh pendahulunya.

Våler Kirke diposisikan pada sumbu proses yang ada melalui situs.

Baca Juga : Berasa Ada di Dunia Komik, Intip Ilusi Optik di Kafe Yeonnam-dong Ini!

Pintu masuk utamanya secara langsung sejajar dengan bangunan asli tahun 1860, yang diabadikan oleh dinding rendah yang menelusuri garis besarnya di kuburan.

Rencana lantai gedung baru ini diatur dalam empat kuadran, dengan aula utama dan ruang baptisan diapit oleh area komunal dan ruang administrasi.

Pengaturan ini, bersama dengan bukaan oriel yang memproyeksikan pada fasad utara, selatan, timur dan barat, secara langsung merujuk pada bentuk salib-gereja yang lama.

Gereja Våler Kirke
Rasmus Norlander

Gereja Våler Kirke

Baca Juga : Dulunya Bekas Stasiun, Kini Tempat Ini Dirombak Jadi Tempat Wisata Kuliner!

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest