Follow Us

Biar Makin Konsentrasi, Simak 4 Langkah Hadirkan Ruang Kerja di Rumah Mungil

Akhmad Juanda - Senin, 17 Juni 2019 | 19:00
Ruang kerja
inspirationfeed

Ruang kerja

Laporan Tabloid RUMAH 306

IDEAonline - Siapa bilang ruang kerja yang nyaman hanya milik kantor dan rumah berukuran besar? Dengan langkah yang cerdas, ruang kerja yang nyaman juga bisa diciptakan di rumah mungil.

Memiliki hunian berukuran terbatas dengan banyak kebutuhan, memang menjadi tantangan yang dihadapi hampir semua orang di rumahnya.

Baca Juga: Bantu Ciptakan Ruang Kerja Fleksibel, Studio Ini Hadirkan

Menghadapi masalah seperti ini, tak sedikit orang yang lantas mengorbankan salah satu kebutuhannya demi kenyamanan.

Misalnya, menghilangkan ruang kerja demi memperluas ruang lain yang dianggap memiliki peran yang lebih penting. Perlakuan ini tak salah.

Tapi jika pengorbanan ini justru membuat Anda sulit menyimpan berkas pekerjaan atau kekurangan area produktif di rumah, tentunya akan menjadi masalah baru.

Ruang kerja yang nyaman merupakan jawaban atas masalah ini.

Baca Juga: Sebagai Tempat Kontemplasi dan Bekerja, Bangunan Ini Dirancang Berlapis Kaca dan Kayu

Nah, untuk Anda yang ingin membuat ruang kerja nyaman di lahan terbatas, berikut ini kami berikan solusinya dalam beberapa langkah cerdas yang dapat Anda terapkan sendiri.

Gunakan sebagai ruang kerja
idealhome.co.uk

Gunakan sebagai ruang kerja

1. Manfaatkan Ruang Sisa

Bila sudah tak ada kamar kosong, jangan berkecil hati dulu. Coba cermati beberapa area sisa yang bisa dimanfaatkan, misalnya salah satu sudut mati.

Baca Juga: Mau Inspirasi Rumah Berlimpah Cahaya, Begini Sudut yang Bisa Kamu Kreasikan!

Tanaman di sekitar ruang kerja
freshome

Tanaman di sekitar ruang kerja

Selain memanfaatkan ruang sisa, Anda juga bisa mengubah sebuah area menjadi ruang kerja. Misalnya, gudang di kolong tangga dipindahkan ke plafon, sehingga ruang kerja bisa dibuat di sana.

Ruangan di kolong tangga umumnya cukup luas untuk diisi meja kerja dan rak buku simpel, tinggal bagaimana cara Anda menata dan membuatnya nyaman digunakan beraktivitas.

Baca Juga: Penting Pilih Material, Begini 6 Trik Hadirkan Ruang Favorit di Rumah

2. Tentukan Kebutuhan

Buatlah daftar kebutuhan yang harus ada di dalam ruang kerja pribadi Anda.

Untuk pekerjaan yang berkaitan dengan berkas, tentunya membutuhkan brankas dan rak buku untuk menyimpan data-data yang berkaitan dengan pekerjaan.

Inspirasi ruang kerja untuk kaum milenial di rumah
freshome

Inspirasi ruang kerja untuk kaum milenial di rumah

Sedangkan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan seni, tentunya membutuhkan ruang penyimpanan yang berbeda, misalnya Anda butuh meja lebar untuk meletakkan komputer berlayar lebar,

atau justru Anda hanya butuh meja kecil yang tak membuang tempat agar Anda dapat memasukkan kuda-kuda lukis di area kerja.

Baca Juga: Manfaatkan Potensi Alam, Rumah Kos Seluas 120 M Ini Miliki Fasad Bolong-bolong Hingga Menangkan Penghargaan Luar Negeri!

3. Rancang Penyimpanan Cerdas

Salah satu rahasia ruang kerja yang nyaman dan rapi adalah penyimpanan yang cerdas dan sesuai kebutuhan.

Manfaatkan area dinding secara maksimal untuk mengurangi kebutuhan akan lemari yang terlalu besar.

Simpan barang sesuai jenisnya dan beri label di bagian luar agar Anda mudah mencarinya.

Biasakan untuk selalu menyortir barang yang dibutuhkan agar ruang kerja tak terlampau penuh barang.

Ruang kerja dekat jendela
www.creativeboom.com

Ruang kerja dekat jendela

4. Penuhi Kebutuhan Cahaya

Rancang penerangan yang memadai agar dapat beraktivitas dalam waktu lama.

Usahakan untuk mendapatkan pencahayaan alami pada siang hari, namun jika sulit dilakukan, gunakan penerangan berwarna putih agar mata tidak cepat lelah.

Area kerja (meja kerja) umumnya membutuhkan pencahayaan sebesar 240lux atau setara dengan lampu 15watt.

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest