Follow Us

Engga Sangka Ampas Kelapa Ampuh untuk Mengawetkan Kayu, Ini Caranya!

Akhmad Juanda - Rabu, 17 Juli 2019 | 09:00
Engga Sangka Ampas Kelapa Ampuh untuk Mengawetkan Kayu, Ini Caranya!
asyraafahmadi

Engga Sangka Ampas Kelapa Ampuh untuk Mengawetkan Kayu, Ini Caranya!

IDEAonline - Teknik pengawetan kayu secara tradisional terbukti mampu menambah umur pakainya. Sudah turun-temurun dilakukan dan relatif ramah lingkungan.

Ada beberapa cara pengawetan kayu yang bisa dilakukan, antara lain dengan perendaman, pengasapan, dan pengolesan dengan bahan pengawet alami.

Baca Juga: Berkolaborasi dengan Kemenristekdikti, Intip Persiapan Asia Young Designer Awards 2019

Masing-masing cara punya kelemahan dan kelebihan sendiri.

Pengawetan dengan teknik perendaman dilakukan dengan cara menenggelamkan kayu yang sudah dirajang atau dibelah ke dalam air dalam jangka waktu tertentu.

Tujuannya agar mengalami “pembusukan” sehingga aroma maupun rasa kayu tak disukai serangga kayu. Tempo perendaman variatif tergantung jenis kayu.

Namun teknik ini tak bisa diterapkan untuk semua jenis kayu.

Baca Juga: Selain Asap Rokok, Ini Polusi di Rumah yang Sebabkan Penyakit Pernapasan Hingga Kanker

Cara mengawetkan kayu dengan ampas kelapa sangat sederhana. Limbah ampas atau parutan kelapa yang sudah diambil santannya dijemur tapi tidak sampai kering. Penjemuran hanya untuk mengurangi kandungan air-nya.

Setelah agak kering, ampas dicampur dengan cuka, lalu diaduk sampai rata. Takaran campurannya, setiap 1 kilogram ampas ditambahkan cuka 4 sendok makan.

Setelah dicampur diangin-anginkan sekitar 30 menit, lalu dimasukkan dalam kantong plastik dan dijemur pada sinar matahari langsung selama sekitar 3 jam.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest