Follow Us

Penanggulan Rumah Setelah Banjir, Jangan Lupa Buka Jendela dan Pintu untuk Hindari Lembab

Fatur Rohman - Senin, 13 Januari 2020 | 15:00
Penanggulan Rumah Setelah Banjir, Jangan Lupa Buka Jendela dan Pintu untuk Hindari Lembab
(KOMPAS.com/ SLAMET WIDODO)

Penanggulan Rumah Setelah Banjir, Jangan Lupa Buka Jendela dan Pintu untuk Hindari Lembab

IDEAonline- Curah hujan yang tinggi tentunya harus disikapi dengan sigap untuk mencegah timbulnya dampak dan pelbagai masalah akibat banjir.

Tanpa penanganan yang terpadu secara makro, banjir tetap saja terjadi di beberapa wilayah. Bahkan wilayah yang sebelumnya tidak terkena banjir, bisa saja kali ini mengalaminya.

Jika harus menghadapi bencana banjir, apa yang bisa dilakukan? Ada beberapa hal yang bisa Anda kerjakan.

Baca Juga: Bikin Ngakak Warganet, Selebgram Dara Arafah Balas Sumpah Serapah Lucinta Luna dengan Dubbing Tiktok di Kamarnya

Menurut sumber penerangan Departemen Kesehatan RI, ketika terjadi banjir, hal aman yang harus dilakukan adalah mengevakuasi keluarga ke tempat yang lebih tinggi, langsung mematikan peralatan sumber listrik, dan mengamankan barang-barang berharga serta dokumen penting ke tempat yang aman.

Yuni Shara kebanjiran
instagram

Yuni Shara kebanjiran

Ketika evakuasi ini, sebaiknya jangan menunggu air masuk ke dalam rumah terlebih dahulu. Usahakan untuk memantau info/berita terbaru mengenai keadaan banjir yang ada di daerah dekat tempat tinggal Anda, khususnya daerah yang sudah langganan banjir.

Baca Juga: Masak di Dapur Bergaya American Klasik, Warganet Sibuk Komentari Penampilan Istri Bibi Ardiansyah, 'Salah Fokus Nih'

Jika Anda tidak sempat mengevakuasi ke tempat lain yang lebih tinggi dan air sudah masuk ke dalam rumah, usahakan untuk tidak berendam di dalam air banjir terlalu lama dan tidak berada di dekat saluran selokan/pembuangan.

Hal ini untuk mencegah agar Anda tidak terkena kuman penyakit yang terkandung di dalam air banjir.

Ketika banjir, keberadaan air bersih tentu langka. Oleh karena itu, hematlah dalam memakainya. Jika memungkinkan, air bersih ini disimpan sebelum banjir datang atau pada saat hujan deras tak kunjung berhenti.

Baca Juga: Posisi Dapur Salah Rusak Keharmonisan, Ini Solusi Menurut Feng Shui

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest