Follow Us

Bingung Mau Jual Beli Rumah Seken? Tentukan Dulu Nilai Hunian Tersebut, Ini Tipsnya!

Fatur Rohman - Kamis, 09 April 2020 | 16:00
Jual beli tanah dan bangunan memang harus dilakukan dengan Akta Jual Beli (AJB) yang dibuat oleh Not
kurir.rs

Jual beli tanah dan bangunan memang harus dilakukan dengan Akta Jual Beli (AJB) yang dibuat oleh Not

IDEAonline -Harga rumah, khususnya rumah seken, berubah setiap saat. Untuk mendapatkan nilai sebuah rumah seken, Anda bisa meminta jasa ahli atau menghitungnya sendiri.

Membeli rumah tidak selalu harus yang baru. Rumah seken pun sekarang banyak tersedia. Namun berbeda dengan rumah baru yang harganya sudah pasti, rumah seken kadang-kadang harganya masih bisa dinego alias ditawar.

Namun mungkin Anda kesulitan menaksir berapa harga yang pantas Anda keluarkan untuk sebuah rumah seken.

Dalam proses jual beli tanah dan bangunan, akta tersebut dibuat oleh Notaris/PPAT.
Wilhelmsen

Dalam proses jual beli tanah dan bangunan, akta tersebut dibuat oleh Notaris/PPAT.

Bagi pembeli, menentukan harga rumah seken lebih sulit karena setiap rumah memiliki sifat unik. Bisa jadi rumah dengan luas bangunan yang sama harganya berbeda jauh.

Ini karena adanya faktor lain di luar rumah itu sendiri yang turut mempengaruhi harga, seperti lokasi, fasilitas yang ada di dalamnya, kondisi fisik, maupun lingkungan sosialnya.

Meminta Bantuan Untuk menilai sebuah rumah sebetulnya Anda bisa meminta jasa tenaga penilai (appraiser).

Manfaat terbesar dari menyewa tenaga penilai adalah Anda bisa langsung mendapatkan hasil akhir penilaian yang digunakan untuk bernegosiasi dengan penjual.

Selain tenaga penilai, Anda juga bisa meminta bantuan agen/broker properti.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan jasanya untuk melakukan penilaian harga. Namun Anda juga bisa meminta secara menyeluruh mulai dari mencari sampai menegosiasikan harga rumah tersebut (ini sudah termasuk jasa penilaian harga).

Jika menggunakan jasa mereka secara menyeluruh, maka tidak ada biaya ekstra untuk layanan penilaian. Menghitung Sendiri Jika Anda tidak ingin memakai kedua jasa tersebut, Anda dapat memperkirakan sendiri nilai rumah.

Editor : iDEA

Latest