Follow Us

Berkebun di Rumah Jadi Aktivitas Paling Dipilih, Berikut Hasil Survei Kegiatan Lain Masyarakat Indonesia selama Pandemi Covid-19

Kontributor 01 - Selasa, 12 Mei 2020 | 19:49
Berkebun di rumah dapat memanfaatkan dinding pembatas rumah.
suherlin.com

Berkebun di rumah dapat memanfaatkan dinding pembatas rumah.

IDEAOnline-Idea Lovers, hasil survei berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi kamu untuk mengisi waktu selama #dirumahaja.

Masa PSBB yang diterapkan saat bulan Ramadan tentu juga menjadi pengalaman pertama bagi masyarakat Indonesia.

Bagi hampir seluruh masyarakat, Ramadan tahun ini jadi sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Banyak aktivitas yang tidak lagi bisa dilakukan karena selama pandemi ini pemerintah mewajibkan masyarakat untuk beribadah dari rumah.

Dalam survei yang diadakan SurveySensum COVID-19 Consumer Behaviour Track, sebanyak 62 persen responden mengatakan yang paling berbeda adalah mereka tidak bisa lagi beribadah ke masjid.

Sebanyak 43 persen menyatakan banyak interaksi sosial yang tidak bisa dilakukan, seperti bertemu teman atau buka puasa bersama.

Survei itu dilakukan pada 18-20 April 2020 terhadap 500 responden di 10 kota besar di Indonesia.

Dengan begitu banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, kegiatan dalam rumah yang dilakukan masyarakat selama bulan Ramadan tahun ini lebih bervariasi.

Setidaknya 67 persen masyarakat lebih sering menonton televisi, dan 55 persen masyarakat lebih sering menonton video YouTube serta berselancar di media sosial.

Bermain gim video pun dilakukan oleh 1 dari 3 masyarakat di Indonesia.

“Karena aktivitas di dunia digital meningkat, pengeluaran masyarakat untuk kategori digital pun naik. Pengeluaran 23 persen masyarakat untuk pulsa internet di ponsel lebih besar dibanding Ramadan tahun lalu. Begitu pula pengeluaran untuk berlangganan internet di rumah bagi 18 persen konsumen kami,” kata CEO SurveySensum & NeuroSensum, Rajiv Lamba.

Source : Kompas.com

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest