Follow Us

Menilik Kembali Konsep New Normal yang Mulai Diterapkan dan Himbauan Jokowi untuk Berdamai dengan Wabah Covid-19, Adakah Pilihan Lain?

IDEAonline - Kamis, 28 Mei 2020 | 20:30
Ilustrasi. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal.
Freepik

Ilustrasi. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal.

IDEAonline - Indonesia tengah bersiap untuk new normal life.

Disampaikan oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, jumlah pengunjung mal dan restoran akan dibatasi pada tahap pertama pemberlakuan tatanan kehidupan baru atau new normal selama masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Hadi seusai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan prosedur standar new normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

"Tahap pertama akan kita atur. Mal kapasitasnya 1.000 (orang) mungkin kita akan izinkan untuk 500 saja dan kita awasi. Kemudian tempat makan harusnya 500 hanya 200 saja," ujar Hadi seperti dikutip dari Kompas TV.

Menurutnya, 340.000 personel TNI-Polri akan dikerahkan untuk berjaga di sejumlah mal, pusat perbelanjaan dan ruang publik.

Soal 'New Normal Life' Pemprov Makassar Tunggu Kebijakan Pusat
Kompas.com

Soal 'New Normal Life' Pemprov Makassar Tunggu Kebijakan Pusat

Mereka akan menjaga ketertiban masyarakat agar menaati protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19 sekaligus membatasi jumlah pengunjung di ruang publik.

Rencananya, pemberlakuan new normal dimulai di empat Provinsi, yakni DKI Jakarta, Sumatera Barat, Gorontalo, dan Jawa Barat.

"Dalam tahap pertama ini akan kita laksanakan di empat tempat yaitu di DKI Jakarta khususnya di bundaran HI, kemudian di wilayah Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo," tutur dia.

Sejak akhir tahun 2019, virus corona telah melanda berbagai belahan dunia.

Hingga kini, per 26 Mei 2020 di Indonesia, Covid-19 telah menjangkau 23.165 orang positif, 5.877 orang sembuh, dan 1.418 orang meninggal dunia.

Keadaan ini memaksa orang-orang untuk tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Source : Grid.ID

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest