IDEAOnline-PT Light Rail Transit ( LRT) Jakarta bakal menerapkan sejumlah aturan saat new normal atau kenormalan baru diterapkan.
General Manager Corporate Secretary LRT Jakarta Bintang Kemal H mengatakan, salah satu aturan adalah penumpang dilarang berbicara atau menelepon selama berada di gerbong kereta.
"Selain mengharuskan setiap penumpang mengenakan masker dan duduk dengan jarak aman, setiap penumpang dilarang untuk berbicara dan menelepon selama perjalanan dalam gerbong kereta," ucap Bintang saat dikonfirmasi, Rabu (3/6/2020).
Selain itu, dalam satu gerbong hanya akan mengangkut 30 penumpang.
Dalam satu kali perjalanan LRT hanya akan mengangkut maksimal 60 orang karena ada dua gerbong LRT.
Berikut tatanan layanan baru LRT Jakarta.
Alur penumpang
1. Setiap penumpang wajib memakai masker.
2. Pemeriksaan barang bawaan dan suhu tubuh sebelum memasuki area stasiun.
3. Siapkan kartu uang elektronik dan hindari transaksi tunai.
4. Pastikan selalu kebersihan, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.
5. Jaga jarak dengan penumpang lain minimal 1,5 meter di area stasiun.
6. Saat di dalam kereta, duduk di tempat yang dianjurkan dan tetap menjaga jarak dengan penumpang lain.
Etika layanan
1. Selalu ikuti anjuran dan petunjuk petugas dalam pencegahan Covid-19.
2. Jaga jarak dengan penumpang lain minimal 1,5 meter di area stasiun.
3. Hindari menyentuh tombol elevator. Gunakan fasilitas foot switch pada elevator.
4. Terapkan etika batuk dan bersin dengan benar.
5. Mengurangi berbicara dan menerima atau melakukan panggilan melalui telepon genggam saat berada di dalam kereta atau elevator.
6. Gunakan sikut untuk membuka pintu toilet.
7. Gunakan tisu sebagai alas tangan dalam menggunakan flush atau shower di toilet
8. Selalu pastikan telah mencuci tangan dengan sabun selesai dari toilet.
9. Gunakan perlengkapan shalat pribadi.
10. Biasakan tidak berjabat tangan atau bersentuhan.
11. Segera konsultasikan dengan petugas kesehatan atau dokter saat timbul gejala sakit.
Fasilitas kesehatan
1. Sarana eksterior wastafel untuk cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer.
2. Penyediaan marka jarak antrean dan informasi pencegahan Covid-19.
3. Public announcement dalam pencegahan Covid-19.
4. Pembatasan jumlah penumpang.
5. Kemudahan integrasi BRT melalui paid-to-paid kartu uang elektronik.
6. Fasilitas foot switch pada elevator.
7. Fasilitas scanner QR code pada gerbang tiket dan mesin periksa saldo tiket.
8. Sterilisasi area stasiun dan kereta (disinfektan) secara berkala.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Naik LRT Jakarta Saat New Normal, Dilarang Berbicara atau Menelepon"
#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork
(*)