Follow Us

Budaya Mandi Indonesia Memang Unik, Tapi Seberapa Fungsional Kamar Mandimu?

Fatur Rohman - Sabtu, 20 Juni 2020 | 17:38
Membiarkan mandi dengan pintu terbuka
Homebnc

Membiarkan mandi dengan pintu terbuka

IDEAonline –Mandi menjadi sedemikian penting dalam hidup kita sehingga kita memerlukan sebuah tempat khusus dalam aktivitas setiap hari.

Jadi sederhana saja, bila kita lihat denah rumah kita, maka ada kata-kata “kamar tidur”, “ kamar mandi”, “ruang makan”, “dapur”, “ruang tamu”, dan seterusnya.

Hal sederhana ini menunjukkan aktivitas-aktivitas penting dalam keseharian kita yang ditanggung oleh sebuah rumah.

Kamar mandi menjadi khusus karena sifatnya yang berhubungan dengan air, juga dengan beberapa prasyaratan lain yang berkembang menurut zaman.

Budaya mandi

Budaya mandi sangat kita kenal di sini, di negara kita yang hangat dan lembab.

Kenyamanan dan kesehatan tubuh menjadi pendorong alamiah untuk memberitahu kita bahwa kita memang memerlukan mandi dua kali, bahkan tiga kali sehari.

Sangat kontras dengan keadaan di negara dingin yang temperaturnya rendah dan sangat kering. Kadang tidak mandi sehari pun seperti tidak apa-apa.

Baca Juga: Tak Berwarna Putih, Tisu Toilet pada Tahun 1950an Lebih Berwarna-warni, Ini Alasannya Tak Diproduksi Lagi!

Baca Juga: Ajak Masyarakat Bikin Video Kreatif Penyemangat Bagi Orang Lain, Perusahaan Ini Ingin Indonesia Lebih Cepat Siap Memasuki Era New Normal

Tapi toh masih ada perbedaan. Jepang dan Eropa, misalnya, ketika mereka bersinggungan pertama kali, bangsa Jepang merasa bangsa Eropa adalah bangsa paling jorok di dunia karena jarang mandi.

Kamar mandi terbuka

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest