Follow Us

Cegah Penularan Covid-19, Tujuh Hal Wajib Diketahui agar Tidak Salah Saat Mencuci Tangan

Kontributor 01 - Minggu, 26 Juli 2020 | 07:00
Sesering mungkin cuci tangan untuk mencegah perpindahan kuman dan virus.
Grid.id

Sesering mungkin cuci tangan untuk mencegah perpindahan kuman dan virus.

IDEAOnline-Pandemi Covid-19 membuat masyarakat diminta untuk rajin mencuci tangan dengan guna mencegah penularan virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun sudah cukup efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Namun sudahkah kamu melakukannya dengan benar?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K), memandang banyak dari kita mungkin merasa sudah mencuci tangan dengan tepat.

Padahal, jika dievaluasi atau dilihat lagi dengan seksama, proses mencuci tangan yang dilakukan tersebut belum sempurna sehingga tetap membuka risiko tubuh terserang kuman.

Dokter Pras menjelaskan beberapa kesalahan umum yang banyak dilakukan saat mencuci tangan, di antaranya sebagai berikut.

1. Terlalu sebenta.

Mencuci tangan yang benar sebaiknya dilakukan tidak tergesa-gesa.

Menurut dr Pras, proses mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun sebaiknya dilakukan minimal selama 20 detik.

Durasi itu penting diperhatikan karena sabun membutuhkan waktu untuk mengangkat kuman-kuman di tangan untuk dibuang bersama aliran air.

Selain itu, mencuci tangan selama 20 detik juga diperlukan agar sabun bisa mengingat molekul air dan minyak secara bersamaan dengan maksimal.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest