Follow Us

Ini Dia Tempat Tidur Tahan Gempa Dari Jepang

Maulina Kadiranti - Selasa, 28 April 2015 | 11:23
Ini Dia Tempat Tidur Tahan Gempa Dari Jepang
Maulina Kadiranti

Ini Dia Tempat Tidur Tahan Gempa Dari Jepang

iDEAonline.co.id - Bencana alam gempa berkuatan 7,9 SR mengguncang Nepal, Sabtu (25/4/2015) pukul 13.11 WIB. Tentu kejadian tersebut juga mengingatkan kita bahwa Indonesia juga sering merasakan gempa dengan kekuatan besar seperti di Nepal. Bagaimana tidak, Indonesia dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik; Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Pertemuan ketiga lempeng ini membuat Indonesia menjadi daerah rawan gempa bumi.

Hal tersebut membuat kita harus mengetahui bagaimana untuk mencari properti rumah yang tahan guncangan gempa. Beberapa negara yang sering terkena guncangan gempa mulai membuat pertahanan untuk meredam guncangan gempa yang lebih besar. Indonesia juga salah satu yang memulai untuk membuat gedung yang kuat menahan guncangan gempa.

Jepang, juga melakukan hal yang yang sama untuk membuat pertahanan dari gempa. Terbukti, Jepang membuat kontruksi bangunan yang tahan gempa. Tidak hanya itu, produsen properti di Jepang juga membuat Tempat tidur yang menahan guncangan gempa.

Sebuah perusahaan Jepang, Shinko Industries, menciptakan tempat tidur seismik bernama Wood Luck yang mampu menahan tekanan sampai 65 ton.

Wood Luck tidak dibuat dari bahan-bahan canggih seperti titanium atau baja. Tempat tidur tahan gempa ini justru hanya dibuat menggunakan kayu cedar berusia tua dan logam. Namun, siapa sangka Wood Luck mampu menahan puing langit-langit?

Perusahaan Shinko Industries sejauh ini hanya merilis gambar-gambar tempat tidur tahan gempa berukuran single. Namun, perusahaan ini telah menyatakan bahwa mereka memiliki versi dobel dari tempat tidur ini. Artinya, ketika terjadi gempa, seluruh keluarga dapat berlindung di bawah tempat tidur tahan gempa.

Namun, tentu saja, mendapatkan keamanan bukan hal murah. Tempat tidur tahan gempa Wood Luck ini diberi harga 5.600 dollar AS dan 6.250 dollar AS untuk versi semi-dobel.

Sumber: kompas.com

Foto: houseofjapan.com

Editor : iDEA

Latest