Follow Us

Waspadai Kemungkinan Kaitan Mata Merah dengan Gejala Covid-19 pada Anak

Kontributor 01 - Kamis, 17 September 2020 | 16:30
Ilustrasi anak pakai masker. (shutterstock)
Kompas.com

Ilustrasi anak pakai masker. (shutterstock)

IDEAOnline-Salah satu hal tersulit dalam menghadapi novel coronavirus penyebab Covid-19 adalah melacak potensi gejala baru dan kaitannya dengan kondisi lain.

Misalnya saja, sebuah studi baru menunjukkan gejala tumpang tindih antara virus corona dan kondisi mata seperti konjungtivitis, atau yang lebih dikenal sebagai mata merah.

Ahli optometri Alexandra Williamson, OD, menjelaskan tentang penelitian tersebut dan kemungkinan hubungan antara virus corona dan mata yang teriritasi.

Hubungan mata merah dan virus corona

Sebelum mengkhawatirkan potensi hubungan antara mata merah dan virus corona, penting untuk dipahami bahwa sudah ada tautan sebelumnya.

"Ada hubungan yang ditunjukkan dengan baik antara infeksi virus pernapasan dan jenis tampilan mata merah," catat Dr. Williamson.

"Konjungtivitis terjadi pada infeksi virus, tetapi bisa juga ada gejala mata lainnya seperti berair atau kemerahan, karena anak-anak yang lebih kecil biasanya akan menggosok mata ketika mata mereka teriritasi."

Ia menambahkan, secara anatomis, mata terhubung ke saluran hidung melalui saluran nasolakrimal, di mana air mata kita mengalir ke dalam sinus.

Dan koneksi itu memungkinkan virus menyebabkan masalah di kedua tempat tersebut.

Baca Juga: Anak Positif Covid Tidak Sakit Parah, Waspadai Jika Kelelahan dan Sakit Kepala

Ilustrasi virus corona pada anak.
Kompas.com

Ilustrasi virus corona pada anak.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest