Follow Us

Hati-hati, di Rumah yang Bersih Tersimpan Zat Berbahaya, Apakah Itu?

Fatur Rohman - Selasa, 22 September 2020 | 11:30
Rumah bersih dan rapi
www.pinterest.com

Rumah bersih dan rapi

IDEAonline –Polusi ternyata bukan monopoli jalan raya yang penuh debu atau pabrik yang mengeluarkan asap tebal.

Di dalam rumah yang bersih, banyak juga benda yang bisa menghasilkan polusi. Furnitur, cat, cairan pembersih, dan beberapa barang lainnya, berpotensi menyebarkan zat polutan.

Zat-zat itu akan bertebaran di udara dan tidak kita sadari masuk ke dalam tubuh saat kita bernapas.

Menurut California Air Resources Board (ARB), ada 3 zat polutan yang paling banyak berada di dalam rumah, yaitu formaldehida, benzana, dan trichloroethylene (TCE). Ketiga zat ini malahan telah dikatagorikan sebagai zat pencemar udara.

Formaldehida

Baca Juga: Suguhkan Pemandangan Gedung Bertingkat, Harga Apartemen Mewah Milik Pemain Sinetron 'Tukang Ojek Pengkolan' Enggak Main-main! Mau Ngalahin Raffi Ahmad?

Baca Juga: Menikah Dua Kali, Artis Ini Akui Sempat Pisah Ranjang karena Satu Hal, Intip Huniannya Setelah Menikah dengan Direktur Perusahaan Ternama!

Formaldehida (formaldehide) bisa dikenali karena baunya yang menyengat, apalagi dalam konstentrasi yang tinggi.

Kalau terus menerus tercium, gas ini dapat mengiritasi mata, hidung, dan paru-paru. Beberapa alat rumah tangga yang mengandung formaldehida adalah resin dan lem.

Resin dan lem ini biasa digunakan untuk merekatkan potongan kayu atau serat menjadi kayu lapis (plywood), particle board, dan produk kayu pres (olahan) lainnya.

Formaldehida juga digunakan pada bahan kain dan karpet untuk menjadikannya tidak mudah kusut sekaligus untuk mempertahankan warna kain.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest