Follow Us

Pandemi Memaksa Pengembang Rancang Desain Apartemen untuk Relaksasi dan Produktivtas, seperti Apa?

Johanna Erly Widyartanti - Selasa, 27 Oktober 2020 | 07:00
Waterfall by Crown Group_Lobby Area
Antzikas-Crown Group

Waterfall by Crown Group_Lobby Area

IDEAOnline-Salah satu pengembang teratas di Australia menyerukan kepada industri pengembangan hunian dan Pemerintah untuk memikirkan kembali standar desain bangunan sehingga mereka dapat mendorong kesejahteraan fisik dan mental lebih baik pasca-COVID.

Komisaris dan CEO Crown Group, Iwan Sunito, mengatakan pandemi telah memaksa banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, sehingga menciptakan kebutuhan yang lebih mendesak atas rancangan agar lebih mendorong rasa tenang, relaksasi, dan produktivitas.

“Banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan belajar dari rumah, menyekolahkan anak-anak mereka di rumah dan berolahraga serta berekreasi,” katanya.

Mereka yang tinggal di hunian yang dirancang dengan baik akan menawarkan banyak ruang hidup dan kerja, akses ke taman dan udara segar, serta fasilitas seperti area bermain, fasilitas kebugaran, dan ruang musik, akan jauh lebih mampu menyesuaikan diri dengan gaya hidup yang baru ini.

Beberapa pengembang bersaing dalam bidang ini – permukiman sehat bernilai sekitar Rp. 1,340 triliun, atau 1,5% dari konstruksi global, menurut Global Wellness Institute. Namun sayangnya, tidak semua hunian dirancang seperti ini – dan para penghuninya benar-benar dapat merasakan perbedaannya.

Pandemi memaksa pemikiran ulang atas desain rumah dan apartemen sehingga semua penghuni dapat merasa aman, santai, dan terhubung secara sosial saat berada di rumah.

Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik di seluruh dunia.

Industri perhotelan sangat fokus pada kesehatan; industri perumahan juga perlu melakukannya.

Baca Juga: Ruang Kerja Bakal Banyak Dibuat Pemilik Rumah Pasca Pandemi, Ini Alasannya!

Waterfall by Crown Group_Sky_Cinema (Antzikas)
Antzikas-Crown Group

Waterfall by Crown Group_Sky_Cinema (Antzikas)

“Ini bukan hanya tentang bangunan yang berkelanjutan tetapi gaya hidup berkelanjutan.”

Editor : Maulina Kadiranti

Latest