Follow Us

Bisa Picu Kematian Pasien Covid-19, Penyakit Tidak Menular (PTM) bisa Dicegah dengan Cara Ini

Kontributor 01 - Selasa, 10 November 2020 | 20:30
Ilustrasi-Kanker, penyakit tidak menular yang bisa picu kematianpasien Covid-19.

Ilustrasi-Kanker, penyakit tidak menular yang bisa picu kematianpasien Covid-19.

IDEAOnline-Jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, masih terus meningkat, baik secara global maupun di Tanah Air.

Selain Covid-19, ahli mengingatkan ada banyak penyakit lain yang juga harus diwaspadai masyarakat di masa pandemi Covid-19, termasuk jenis-jenis penyakit tidak menular (PTM).

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro dalam Dialog Daring Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru oleh Komite Nasional Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (9/11/2020).

Reisa mengatakan, tugas kita bersama adalah untuk kompak dan tidak menambahkan kasus baru dan Covid-19 bukan satu-satunya penyakit yang kita lawan di Indonesia.

"Masih ada penyakit menular lainnya, seperti demam berdarah dengue, rabies, hepatitis, avian flu, malaria, yang juga butuh penanganan serius dari dari para kolega saya, dokter dan ahli tenaga kesehatan masyarakat lainnya," kata Reisa dalam Dialog Daring Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru oleh KPCPEN, Senin (9/11/2020).

Tidak hanya penyakit menular, Reisa berkata, PTM juga terus mengintai masyarakat sebelum hingga saat pandemi Covid-19 ini terjadi.

Baca Juga: Efektif Digunakan sebagai Disinfektan, Inilah Cara Aman Menggunakan UV-C

Ilustrasi olah raga, salah satu cara mencegah penyakit tak menular.
Kompas.com

Ilustrasi olah raga, salah satu cara mencegah penyakit tak menular.

Fakta data PTM di Indonesia

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), angka prevalensi kasus PTM selama 2013-2018 meningkat sampai 34 persen di Indonesia.

Jenis PTM ada banyak. Sebagai contoh alergi, diabetes, rematik, depresi, hipertensi, stroke, paru-paru basah dan asma.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest