Follow Us

Pilih AC Tak Hanya Soal PK dan Daya, tapi Juga Kapasitas Pendinginannya, Ini Alasannya!

Johanna Erly Widyartanti - Selasa, 30 Maret 2021 | 20:52
Ilustrasi pemakaian AC di Rumah.
Kompas.com

Ilustrasi pemakaian AC di Rumah.

IDEAOnline-Saat membeli AC, beberapa faktor yang biasanya dipertimbangkan adalah, varian atau ukurannya (1/2 PK, ¾ PK, 1 PK, atau 2 PK), selain juga kebutuhan daya dalam pengoperasiannya.

Namun, satu faktor lagi mesti kamu tambahkan saat ini ketika memilih AC, yaitu kapasitas pendinginan.

Pasalnya, meski sama-sama dikenalkan dalam varian ½ PK misalnya, tak lantas berarti semua AC ini, memiliki kapasitas pendinginan setara.

Kapasitas pendinginan setiap jenis AC, ditunjukkan dengan satuan BTU atau British Thermal Unit (BTU)

Baca Juga: Veronica Tan Rela Berjualan Daging Sambil Curhat Betapa Lucu Hidupnya Usai Menjanda, Mantan Suami Justru Nikahi Wanita Muda dan Tinggal di Hunian Mewah

Lepasnya perhatian pada informasi terkait kapasitas pendinginan yang tercantum dalam satuan BTU inilah yang tak jarang memberikan ketidakpuasan pengguna AC.

“Perbedaan kapasitas pendinginan kadang membuat sebuah AC terasa kurang dingin dibanding lainnya, meskipun sama-sama pada varian ½ PK misalnya. Inilah yang kemudian menimbulkan ketidaknyamanan pengguna,” ujar Satrio Mulyo— Product Marketing Manager Air Solutions LG Electronics Indonesia.

Keunggulan pada kapasitas pendinginan ini penting karena terkait langsung dengan kemampuan sebuah AC dalam melingkupi luas ruangan dengan udara sejuk, katanya dalam rilis yang diterima oleh Ideaonline.co.id, sehubungan dengan pemasaran penyejuk ruangan (AC) terbaru, LG New Hercules.

Baca Juga: AC Masih Baru tapi Tak Terasa Dingin Lagi? Ternyata Ini Penyebabnya!

AC standar 1/2 PK 370 watt LG Hercules dengan kapasitas pendinginan yang tinggi.
LG

AC standar 1/2 PK 370 watt LG Hercules dengan kapasitas pendinginan yang tinggi.

Berada pada kategori AC standar, AC ini mengedepankan kapasitas pendinginan besar namun tetap hemat listrik dengan kebutuhan daya 370 watt.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest