Follow Us

Inilah 4 Jenis Asupan Terbaik saat Buka Puasa di Tengah Pandemi

Kontributor 01 - Minggu, 18 April 2021 | 07:30
Air putih

Air putih

IDEAOnline-Selama bulan Ramadan, umat muslim berpuasa, dengan tidak makan dan minum apapun sejak fajar hingga matahari terbenam.

Selama berpuasa, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat (disimpan di hati dan otot) dan lemak untuk menyediakan energi, setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari habis.

Karena tubuh tidak dapat menyimpan air, sehingga ginjal menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah urine yang keluar.

Hasil studi tentang efek puasa Ramadan bagi kesehatan beragam, mungkin karena lamanya puasa dan kondisi cuaca yang dialami berbeda-beda, tergantung pada waktu dan negara tempat berpuasa.

Beberapa penelitian menemukan, bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh selama Ramadan, meskipun berat badan mereka cenderung kembali setelah Ramadan.

Baca Juga: Pantas Saja Pencuri Dapat Masuk Tanpa Kunci, Simak 4 Benda Kecil nan Ajaib yang Bisa Membuka Pintu dengan Mudah

Beberapa penelitian juga menunjukkan, efek puasa Ramadan berpengaruh pada perbaikan kolesterol darah dan trigliserida (lemak dalam darah).

Ada juga beberapa penelitian kecil yang menunjukkan, bahwa puasa Ramadan mungkin memiliki efek menguntungkan jangka pendek pada sistem kekebalan tubuh.

Ini tentu penting, mengingat Ramadan saat ini masih di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Buktikan Sang Anak Tak Mau Kunjungi Rumah Ibunda Walau di Bulan Suci, Indah Permatasari Justru Asik Lakukan Ini dengan Arie Keriting

Salah satu cara mendapatkan manfaat kesehatan selama berpuasa adalah dengan memilih makanan yang sehat, terutama saat berbuka puasa.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest