Follow Us

Penting untuk Rumah Tropis, Rekomendasi Jenis Jendela yang Paling Optimal Alirkan Udara

Johanna Erly Widyartanti - Jumat, 25 Juni 2021 | 14:11
Ilustrasi jendela nako, bisa mengalirkan udara hingga 95%.
Idea.Grid.Id

Ilustrasi jendela nako, bisa mengalirkan udara hingga 95%.

IDEAOnline-Pengaplikasian bukaan atau jendela pada bangunan, khususnya rumah tropis, menjadi syarat utama demi terciptanya pengudaraan dan pencahayaan yang baik dengan memanfaatkan alam.

Baca Juga: Terbongkar Tak Hanya untuk Mandi, Siapa Sangka Sabun Batangan Miliki Manfaat yang Tak Terduga, Coba Selipkan di Pintu yang Sulit Dibuka!

Baca Juga: Instagramable dengan Kaca Nako, Begini Tampilan Warteg Modern di Bogor

Selain terkait dengan susunan ruang, besar atau kecilnya bukaan tergantung dari fungsi ruang, apakah ruang tersebut digunakan untuk orang banyak atau tidak.

Misalnya untuk ruang keluarga yang kegiatannya cukup banyak , bukaannya tentu harus lebih besar daripada ruang tidur yang cuma diisi 2 - 3 orang.

Dapur dan ruang-ruang lain yang berpotensi menghasilkan panas harus diberi bukaan yang lebih besar dari ruangan lain.

Selain luasan buakaan, jenis jendela seringkali menjadi pertimbangan sendiri bagi pemilik rumah, mengingat selera dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Tak hanya soal desain, sisi fungsional jendela harus menjadi pertimbangan utama sehingga mampu mengalirkan udara secara baik dan cukup.

Sirkulasi udara bisa diciptakan dengan cara alami (jendela) atau dengan bantuan alat.
Jou Endhy P-Serial RUMAH

Sirkulasi udara bisa diciptakan dengan cara alami (jendela) atau dengan bantuan alat.

Ternyata, jenis jendela yang sederhana tetapi cukup baik untuk menghasilkan pergerakan udara yang optimal adalah jendela nako.

Baca Juga: Bukannya Tidak Boleh, Ternyata Ini Sebab Jangan Letakkan Sikat Gigi di Kamar Mandi, Bahayanya Enggak Main-main!

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest