Follow Us

Gedung Penelitian Ilmiah di Universitas Israel, Fasad dari Aluminium Cor Berbentuk Mirip Saraf

Kontributor 01 - Minggu, 15 Agustus 2021 | 11:45
Edmond and Lily Safra Center for Brain Sciences di Universitas Ibrani Yerusalem, Israel. Foster + Partners. (Foster + Partners)
Kompas.com

Edmond and Lily Safra Center for Brain Sciences di Universitas Ibrani Yerusalem, Israel. Foster + Partners. (Foster + Partners)

IDEAOnline-Edmond and Lily Safra Center for Brain Sciences adalah julukan untuk gedung yang merupakan fasilitas untuk penelitian ilmiah otak ini.

Bangunan yang berlokasi di Universitas Ibrani Yerusalem, Israel, ini dirancang oleh firma arsitektur Inggris, Foster + Partners.

Keunikan desain terlihat dari fasadnya yang terbentuk dari kerangka aluminium cor, yang mengiterprestasikan struktur saraf-saraf neuron di otak .

Seperti dikutip dari situs resmi Foster + Partners, agar tidak terjadi pola berulang pada fasad, Foster + Partners mengambil contoh dari gambar saraf-saraf otak oleh ahli saraf Spanyol yang hidup pada awal abad ke-20, Santiago Ramon y Cajal.

Gedung ini berlokasi di tengah lingkungan kampus yang masih alami.

Namun setelah jalur trem baru ke pusat kota dibuka, fasilitas ini akan menjadi pintu gerbang ke area universitas.

Kepala Desain, Foster + Partners, Spencer de Grey, mengatakan ini adalah salah satu proyek paling inovatif yang pernah mereka kerjakan.

“Memahami teka-teki otak adalah upaya paling menantang di abad ke-21 dan penelitian di bidang ini sangat penting untuk kualitas hidup jutaan orang.

Baca Juga: Pengelola Bangunan Wajib Tahu, Perangkat UV-C Upper Air oleh Ahli Dianggap Efektif Cegah Penularan Covid-19 melalui Udara di Dalam Gedung

Ini adalah salah satu proyek paling inovatif di universitas Israel,” ujarnya.

Spencer menjelaskan fasilitas ini terdiri dari beberapa kompleks laboratorium yang sangat fleksibel untuk mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan di masa depan.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest