Follow Us

Inilah Desain dan Penataan Ruang Aman jika Ada Lansia di Rumah

Johanna Erly Widyartanti - Jumat, 27 Agustus 2021 | 07:30
Ilustrasi-Lansia sehat dan aman di rumah.
alodokter

Ilustrasi-Lansia sehat dan aman di rumah.

IDEAOnline-Jika ada manula atau lansia tinggal bersama kita di rumah, satu hal yang wajib dilakukan adalah menciptakan rumah aman dan nyaman bagi mereka.

Keadaan mereka yang sudah renta dan reflek tubuh yang sudah menurun, amat berpotensi mengalami kecelakaan di rumah, meski oleh hal sesepele apapaun, yang buat kita yang masih kuat mungkin sama sekali tak mengganggu.

Beberpa bagian rumah dan elemen yang digunakan di rumah ini, wajib menjadi perhatian kamu.

Baca Juga: Ibu-ibu Jangan Lagi Simpan 7 Benda Ini di Kamar Mandi, Ternyata Bahayanya Enggak Main-main..

Baca Juga: Meminimalisasi Efek Samping Vaksinasi Covid-19, Kondisi Ini Harus Dipenuhi Lansia

Nah, IDEA Lovers apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjamin keadaan rumah yang aman bagi orang tua atau manula di rumah?

Perlu pengaman berupa pegangan di kamar mandi agar aman bagi manula.
Idea.grid.id

Perlu pengaman berupa pegangan di kamar mandi agar aman bagi manula.

Baca Juga: Ribuan Berita Bohong Soal Makanan Sehat Tersebar di MedSos selama Pandemi, Ini Rekomendasi WHO

Baca Juga: Kondisi Rumah seperti Ini Akan Meningkatkan Imunitas Tubuh Lansia

1. Kamar Mandi

  • Para lansia membutuhkan istirahat yang lebih banyak pada saat beraktivitas, begitupun di saat mereka mandi. Untuk itu, pastikan terdapat dudukan pada kamar mandi.
  • Pasang pula hand rail atau pegangan tangan di kamar mandi. Pasang pengaman ini pada area dekat kloset agar orang tua dapat bangkit dan duduk dengan mudah. Tidak hanya para lansia yang terasa nyaman, tetapi pengasuh lansia juga dapat mudah memandikan. Tambahkan railing sepanjang dinding sebagai tempat berpegangan
  • Pastikan kamar mandi selalu terang karena penglihatan orang tua sudah berkurang. Lebih baik lagi pasang sensor yang dapat menyalakan lampu secara otomatis ketika orang masuk ke kamar mandi agar pengguna tidak direpotkan mencari sakelar.
  • Hilangkan perbedaan level lantai pada kamar mandi. Ini agar orang tua mudah berjalan dalam kamar mandi dan juga membantu jika harus memasukkan kursi roda ke dalam kamar mandi.
  • Pilih keran yang mudah digunakan dengan sesedikit mungkin gerakan. Jangan gunakan keran yang harus diputar karena akan merepotkan bagi orang tua.
  • Khusus untuk lansia yang menggunakan kursi roda, biasanya memerlukan ukuran kamar mandi yang luas. Jika rumah Anda memiliki ruang lebih, bisa juga untuk mendesain kamar mandi yang bisa leluasa untuk dilalui menggunakan kursi roda.
Ilustrasi lemari pintu geser.
depositphotos

Ilustrasi lemari pintu geser.

Halaman Selanjutnya

2. Lemari
1 2 3

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest