Follow Us

Sambut Ibu Kota Negara Baru, Bappenas Luncurkan Pusat Informasi Terintegrasi, Gandeng 2 Pihak Ini

Johanna Erly Widyartanti - Sabtu, 13 November 2021 | 13:33
Desain pusat ibu kota baru sebagaimana dirancang Kementerian PUPR.
Kompas.com

Desain pusat ibu kota baru sebagaimana dirancang Kementerian PUPR.

IDEAOnline-Membangun Ibu Kota Negara (IKN) tidak hanya menyiapkan infrastruktur dan lingkungannya saja, tetapi juga manusianya, baik yang akan pindah maupun yang telah lama menetap.

Dalam proses pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, aspek penting yang jadi perhatian adalah distribusi informasi yang jelas, cepat, dan akurat.

Untuk membahas integrasi informasi dalam pemindahan Ibu Kota Negara, Kementerian PPN/Bappenas menggandeng 99 Group Indonesia dan Realestat Indonesia (REI) menyelenggarakan konferensi pers peluncuran situs informasi terintegrasi pada Jumat (12/10), di Kantor Rumah123.com, EightyEight @KotaKasablanka, Jakarta Selatan.

“Kementerian PPN/Bappenas telah memproyeksikan jumlah penduduk dan urbanisasi yang akan terjadi di Ibu Kota Negara. Saat ini, penduduk setempat Ibu Kota Negara tercatat 100 ribu jiwa. Jumlah tersebut diperkirakan bertambah menjadi 700 ribu jiwa di 2025, kemudian berkembang menjadi 1,5-1,6 juta jiwa di 2035, hingga mencapai perkiraan 1,7-1,9 juta jiwa di 2045,” jelas Ketua POKJA IKN REI Soelaeman Soemawinata.

Kalimantan Timur sejak dulu telah memiliki struktur sosial yang beragam. Sekitar 1,5 juta pendatang yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan POLRI beserta keluarganya, serta pelaku ekonomi lainnya akan hadir di wilayah Ibu Kota Negara baru nanti.

Baca Juga: Siapkan Desain Smart IKN, Ini Definisi Kota Pintar menurut Jokowi

Oleh karena itu, pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar prosesnya berjalan lancar sesuai rencana.

Perencanaan matang dimulai dari penyatuan sumber informasi yang komprehensif mengenai pemindahan ibu kota ke Kalimantan, dan proyeksi strategisnya di berbagai bidang.

99 Group menyiapkan kanal terintegrasi untuk berbagai informasi esensial seputar Ibu Kota Negara.

VP of Marketing 99 Group Indonesia Bharat Buxani, mengatakan, siap menjadi sumber informasi Ibu Kota Negara yang tepercaya, akurat, dan edukatif.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dukungan penuh dari Real Estat Indonesia (REI) dan Kementerian PPN menjadi fondasi utama demi menyukseskan situs informasi terintegrasi IKN ini.

Berangkat dari sinergi yang dibangun oleh ketiga pihak tersebut, diharapkan bisa membawa manfaat yang besar bagi seluruh kalangan.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest