Follow Us

Co-Living Modular Prefabrikasi PolyRoom Ini, Mengadopsi Konsep Washitsu Jepang

Kontributor 01 - Senin, 14 Februari 2022 | 13:32
Ilustrasi pengangkatan modular prefabrikasi Polyroom, disusun seperti lego.
Kompas.com

Ilustrasi pengangkatan modular prefabrikasi Polyroom, disusun seperti lego.

IDEAOnline- Hunian ini dirancang untuk mendukung konsep hidup serbaguna, di luar standar rumah kontemporer.

Calon penghuninya adalah para pekerja yang berusia 25 hingga 40 tahun.

Adalah Studio desain arsitektur berbasis di Paris, Cutwork yang akan menjalin kerja sama dengan pengembang terkemuka Perancis, Bouygues Immobilier.

Kedua perusahaan ini akan menciptakan unit modular prefabrikasi yang disebut “PolyRoom”, dan Cutwork akan menangani desain interior dalam modular.

Bouygues Immobilier rencananya akan membangun sebuah Co-Living Space yang akan dibuka secara resmi pada tahun 2023 mendatang.

Modular ini dapat diproduksi dalam jumlah besar dan ditumpuk seperti susunan LEGO, bila pengembang ingin membangun sebuah kompleks hunian.

Karena material yang digunakan sudah dalam bentuk prefabrikasi, waktu konstruksinya pun akan jauh lebih singkat ketimbang konstruksi konvensional.

Bouygues Immobilier bahkan ingin membuka l5 lokasi co licing pada tahun 2025 dengan menyediakan 2.500 kamar tidur di Bordeaux.

Dalam desain interior modular, arsitek Cutwork Antonin Yuji Maeno mengambil inspirasi dari konsep washitsu Jepang- Washitsu merupakan ruang tengah di rumah tradisional Jepang.

Baca Juga: Suka Interior Gaya Jepang? 7 Cara Mendesain Ruang dengan Filosofi Zen

Baca Juga: Taman Kering Desain Minimalis: Minim Lahan, Tanaman, dan Perawatannya

Uniknya, ruangan ini tidak memiliki fungsi khusus melainkan merupakan ruang adaptif yang disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest