Follow Us

Berikut Perbedaan antara Watt, Volt, Ampere, dan Ohm yang Harus Diketahui Ketika Berurusan dengan Listrik dan Barang Elektronik!

Sesilia Alexandra - Senin, 04 April 2022 | 11:05
Ilustrasi peralatan listrik
AJ's Electrical

Ilustrasi peralatan listrik

IDEAonline - Watt, volt, ampere, dan ohm adalah istilah-istilah yang sering digunakan ketika menyangkut listrik atau barang elektronik.

Meski sudah diajarkan saat sekolah, mungkin banyak dari IDEA Lovers sudah tidak ingat apa perbedaan dari istilah-istilah tersebut.

Padahal, mengetahui perbedaan antara keempat istilah tersebut sangat penting ketika bekerja dengan semua jenis sistem kelistrikan.

Memperbaiki kabel di rumah membutuhkan pemahaman yang kuat tentang istilah listrik, dan bahkan merupakan basis pengetahuan yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Berapa kali IDEA Lovers melihat bola lampu dengan keterangan "100W/120V" dan bertanya-tanya bagaimana dua unit listrik berhubungan?

Dilansir dari thespruce.com (22/09/2021), berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan dari istilah watt, volt, ampere, dan ohm.

Baca Juga: Ini yang Dibutuhkan Ibu-Ibu, Tips dan Trik Saat Mencuci Pakaian!

Definisi Watt, Volt, Amps, dan Ohm

Istilah dan definisi kelistrikan seperti watt dan volt diatur oleh sistem yang disebut SI (Sistem Satuan Internasional).

Sebuah badan internasional antarpemerintah yang disebut BIPM (Bureau International des Poids et Mesures) menetapkan istilah dan definisi tersebut untuk bobot dan ukuran di bawah sistem ini.

Lebih dari seratus negara adalah anggota atau rekanan BIPM.

Analogi hidrolik (air) adalah metode umum untuk menjelaskan istilah listrik.

Source : The Spruce

Editor : Maulina Kadiranti

Latest