Follow Us

Great Eastern Life Indonesia dan Saya Pilih Bumi Ajak Masyarakat Terapkan Gaya Hidup Zero Waste Lewat Kampanye Reach for a Greener Tomorrow

Yussy Maulia - Selasa, 13 Desember 2022 | 18:05
Bijak mengolah sampah adalah salah satu contoh penerapan gaya hidup zero waste.
Shutterstock

Bijak mengolah sampah adalah salah satu contoh penerapan gaya hidup zero waste.

IDEA-Online – IDEALovers, coba bandingkan kehidupan masyarakat saat ini dengan sepuluh tahun lalu. Anda akan menyadari bahwa perkembangan zaman yang semakin modern telah mengubah gaya hidup masyarakat dalam aktivitas konsumsi.

Misalnya saja, perihal memesan makanan. Saat ini, Anda dapat memesan lewat aplikasi, lalu makanan akan sampai di depan rumah. Tanpa disadari, bungkus plastik yang digunakan untuk mengemas makanan hanya akan berakhir menjadi sampah rumah tangga.

Kemasan plastik dari pesan-antar makanan hanyalah satu dari ribuan contoh nyata bahwa pola konsumsi dari gaya hidup modern memicu penumpukan sampah. Seperti diketahui, penumpukan sampah masih menjadi persoalan besar di Indonesia.

Data terbaru dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan, jumlah timbunan sampah di Indonesia pada akhir 2021 mencapai 31,3 juta ton.

Baca Juga: Menerapkan Gaya Hidup Zero Waste di Era Modern, Apa Tantangannya?

Nah, untuk mencegah bertambahnya penumpukan sampah, gaya hidup zero waste dapat menjadi solusi. Gaya hidup ini merupakan upaya untuk tidak menghasilkan sampah dalam kehidupan sehari-hari, baik dengan mengurangi konsumsi maupun memanfaatkan kembali suatu barang (reuse).

Meski tidak mudah untuk diterapkan, gaya hidup zero waste bisa menjadi tren yang berdampak positif. Apalagi, masyarakat Indonesia menganggap serius soal isu sampah, terutama mereka yang tergolong generasi milenial.

Menurut survei, sebanyak 71 persen responden yang berasal dari generasi milenial merasa bertanggung jawab untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan. Sebanyak 67 persen di antaranya bahkan rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli produk atau jasa yang ramah lingkungan.

Memahami bahwa isu sampah dan lingkungan memerlukan kesadaran dari masyarakat, Great Eastern Life Indonesia berkolaborasi dengan Saya Pilih Bumi menghadirkan kampanye Reach for a Greener Tomorrow. Kampanye ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup zero waste.

Baca Juga: Apa Itu Zero Waste Cooking? Masak yang Berdampak untuk Lingkungan

Kampanye Reach for a Greener Tomorrow dimulai sejak Rabu (26/10/2022),bertepatan dengan World Sustainability Day. Melalui kampanye ini, Great Eastern Life Indonesia dan Saya Pilih Bumi telah mengedukasi masyarakat, baik melalui media sosial maupun acara yang melibatkan komunitas.

Editor : Sheila Respati

Latest