Follow Us

Panduan Menciptakan Rumah dengan Konsep Hijau, Bikin Hunian Nyaman dan Efisien

Yussy Maulia - Jumat, 06 Oktober 2023 | 14:41
Ilustrasi rumah hijau dengan konsep green building yang menggunakan baja lapis Colorbond.
Dok. Bluescope Indonesia

Ilustrasi rumah hijau dengan konsep green building yang menggunakan baja lapis Colorbond.

IDEA-Online.com – Saat berbicara soal rumah dengan konsep bangunan hijau atau green building, banyak orang membayangkan hunian asri yang dikelilingi tumbuhan hijau.

Meski benar demikian, konsep rumah hijau menyangkut banyak aspek, mulai dari proses pembangunan yang memperhatikan lingkungan sekitar hingga penggunaan produk rumah tangga yang ramah lingkungan.

Mengacu pada panduan dari Green Building Council Indonesia (GBCI), setidaknya ada enam kriteria agar sebuah bangunan disebut sebagai green building, yaitu tata guna lahan, efisiensi energi, konservasi air, bahan ramah lingkungan, kualitas udara di dalam ruangan, dan manajemen sampah.

Sementara itu, Chairperson of Green Building Council Indonesia Iwan Priyanto mengatakan, pengembangan bangunan dengan konsep green building bisa menghemat biaya 35-80 persen, dengan durasi ketahanan bangunan hingga 30-80 tahun.

“Pada akhirnya, long term cost akan lebih rendah daripada bangunan biasanya,” kata Iwan, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Jadi Venue untuk Piala Dunia FIBA 2023, Ini Fakta Menarik Bangunan Stadion Indonesia Arena GBK

Nah, bagi IDEALovers yang membutuhkan inspirasi, berikut sejumlah panduan sederhana untuk menciptakan rumah dengan konsep hijau.

1. Desain rumah yang sesuai dengan kondisi lingkungan

Untuk menciptakan rumah hijau, penting bagi IDEALovers untuk melihat kondisi lingkungan di sekitar rumah, terutama iklim.

Sayangnya, saat ini banyak masyarakat Indonesia yang menganggap desain rumah modern dan minimalis yang mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan interior adalah bentuk dari konsep rumah hijau. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Pada kenyataannya, masih banyak rumah minimalis yang menggunakan jendela berukuran besar di banyak sudut rumah, sehingga berpotensi menimbulkan efek rumah kaca.

Jika ingin menciptakan rumah hijau, IDEALovers dapat mendesain rumah dengan konsep ruang terbuka. Konsep ini lebih cocok dengan iklim tropis di Indonesia karena dapat memberikan sirkulasi udara yang baik, sehingga ruangan tidak lembap dan terasa pengap.

Editor : Sheila Respati

Latest