Follow Us

Ruang Keluarga Sekaligus Ruang Musik

Anissa Q. Aini - Sabtu, 21 September 2013 | 09:00
Ruang Keluarga Sekaligus Ruang Musik
Anissa Q. Aini

Ruang Keluarga Sekaligus Ruang Musik

Banyak orang salah mengartikan ruang keluarga. Bagi sebagian besar orang, ruang keluarga dianggap sama dengan ruang untuk menonton televisi. Jadi, jangan heran kalau di setiap ruang keluarga, selalu dirasa wajib ditempatkan sebuah televisi. Padahal yang namanya ruang keluarga adalah sebuah ruangan yang berfungsi mewadahi kegiatan keluarga. Kegiatannya bisa apa saja. Untuk mereka yang menyukai musik, misalnya, bisa saja menjadikan ruang keluarga sekaligus ruang musik.

Ruang keluarga di foto ini contohnya. Tidak ada televisi di sini. Tapi di salah satu sudut ruang keluarga ditempatkan sebuah piano. Rupanya, si empunya rumah dan keluarganya memang hobi bermain musik. Jadi, selain sebagai tempat asyik untuk berbincang-bincang, ruangan ini juga pas sebagai tempat bersantai sambil mendengar alunan piano.

Soal penempatannya, Anda bisa mengatur penataan furnitur dan piano. Di foto ini, ada dua set sofa dan coffee table. Masing-masing berada di sisi ruangan yang berbeda. Keduanya menghadap ke arah piano. Kalau kebetulan ruang keluarga di rumah, tidak sebesar ruangan di foto ini, bisa mencoba penataan lain.

Paling gampang buat penataan biasa, seperti di ruang keluarga dengan televisi. Bedanya, di tempat biasa ditempatkan televisi, diganti dengan piano. Kemudian tempatkan furnitur mengelilingi piano. Itu kalau alat musiknya kebetulan adalah piano. Bagaimana dengan alat musik lainnya? Gitar misalnya. Alat musik petik yang satu ini tergolong ringan dan mudah dipindahkan, tentu lebih mudah menata ruang keluarga dengan alat musik yang satu ini.

Kalau memang keluarga menyukai bahkan mengoleksi gitar, pajang saja beberapa koleksi, di ruang keluarga. Atau gantikan tempat piano dengan piranti audio, tape dan CD player, misalnya. Saat sore atau malam tiba, ketika seluruh keluarga berkumpul. Ambil gitar dan mulailah bernyanyi bersama, kalau sedang bosan bermain gitar, tinggal putar CD kesayangan dan nikmati alunan musinya bersama-sama.

Menyenangkan sekali ya sepertinya. Jangan cuma dibayangkan, Anda dan keluarga termasuk pecinta musik? Coba buat ruang keluarga sekaligus ruang musik.

Foto: iDEA/ Richard Salampessy

Editor : Anissa Q. Aini

Latest