Follow Us

Tertutup Indahnya Bugenvil

Tigor C. Siahaan - Senin, 23 September 2013 | 10:00
Tertutup Indahnya Bugenvil
Tigor C. Siahaan

Tertutup Indahnya Bugenvil

Bukan, ini bukan roof garden, walau sekilas terlihat seperti itu. Atap rumah ini tertutup lebatnya daun dan bunga bugenvil (Bougainvillea spectabilis) yang ditanam persis di depan rumah. Pemilik rumah pun cukup rajin memangkas dan merawat tanaman bugenvilnya hingga tumbuh merata menutupi seluruh atap. Agar bugenvil bisa tumbuh seperti ini diperlukan waktu hingga beberapa tahun.

Bugenvil bukan tanaman yang susah dirawat. Tanaman ini bisa tumbuh optimal pada kondisi lingkungan sesuai. Salah satu kondisi yang sesuai antara lain penyinaran matahari penuh dan drainase yang baik.

Pembungaan bugenvil bisa dirangsang dengan memberikan kondisi ekstrim, atau sedikit "menyiksa" tanaman ini. Caranya, bugenvil tidak disiram selama beberapa hari hingga daunnya mulai layu. Setelah itu bugenvil diberi air secara berlebihan. Untuk merangsang pembungaan, cara ini cukup efektif.

Di rumah di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan ini, bugenvil yang menutup atap bukan hanya membuat rumah terlihat lebih cantik. Lebih dari itu, juga menahan sebagian panas yang diterima bangunan sehingga interior lebih sejuk.

Foto: Tigor C. Siahaan

Editor : Tigor C. Siahaan

Latest