Follow Us

Rancang Teras dengan Lima Langkah Mudah (3)

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 20 Januari 2014 | 04:10
Rancang Teras dengan Lima Langkah Mudah 3
Devi F. Yuliwardhani

Rancang Teras dengan Lima Langkah Mudah 3

Teras merupakan salah satu ruang yang perlu Anda rancang dengan baik. Ruang satu ini merupakan ruang transisi yang bisa mencerminkan bagaimana ruang dalam Anda.

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum merenovasi teras. Tidak semata-mata keindahan saja, tapi juga harus memenuhi fungsi dan kebutuhan Anda.

Berikut ini ada 5 hal yang bisa memandu Anda membuat teras yang baik.

Menata Pencahayaan

Elemen ini tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saja. Pencahayaan yang tepat juga bisa membangun suasana dan memberikan penekanan pada titiktitik tertentu.

"Tipe lampu, warna lampu dan tingkat kuat-terang cahaya lampu, akan memberikan karakter kuat pada teras. Ini akan terlihat juga dari luar sebagai bagian dari fasad rumah secara keseluruhan," ujar Julian Palapa. Ia memberikan contoh dengan peletakan spotlight tepat di atas pintu utama dapat mengarahkan fokus perhatian pengunjung pada pintu utama.

Pilihan Material

Pilih material yang tahan terhadap perubahan cuaca karena teras terletak di area terbuka. Pilih juga pelapis lantai yang bertekstur sehingga tidak licin ketika terkena air.

Pilihan material yang dapat digunakan antara lain keramik dan cat eksterior. Untuk penggunaan material alam seperti batu alam dan kayu, beri coating secara berkala (kurang lebih setahun sekali) agar tampilannya tetap menarik.

Foto: Dok. Renovasi/iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest