Follow Us

Atap Carport, Ini Dia Pertimbangan Pemilihannya!(2)

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 07 Februari 2014 | 04:00
Atap Carport Ini Dia Pertimbangan Pemilihannya! 2
Devi F. Yuliwardhani

Atap Carport Ini Dia Pertimbangan Pemilihannya! 2

Carport menjadi salah satu bagian yang bisa menentukan citra rumah Anda. Letaknya yang ada di fasad rumah menentukan bagus tidaknya tampilan rumah Anda. Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih carport untuk rumah Anda.

Untuk membantu Anda dalam memilih material penutup carport Anda, berikut kami sajikan lima hal yang harus Anda pertimbangkan. Silahkan menyimak!

Kesesuaian Desain

Pilih jenis penutup atap yang sesuai dengan desain rumah. Jika rumah berkonsep tropis dengan atap genting, Anda bisa menyelaraskan atap carport dengan jenis penutup yang sama.

Penyesuaian juga bisa berdasarkan bentuk atap atau desain fasad. Misalnya, untuk jenis rumah modern dengan permainan garis yang tegas, bentuk atap datar sangat cocok.

Sebagai penutup atap, lembar polikarbonat, kaca atau dak beton bisa jadi pilihan utama.

Bentuk yang Cocok

Sesuaikan penutup atap dengan bentuk carport yang Anda inginkan. Untuk bentuk atap miring atau pelana, hampir semua jenis penutup bisa diaplikasikan. Kecuali, jika menginginkan kemiringan di bawah 35ยบ , atap genting tak bisa digunakan.

Untuk atap melengkung, polikarbonat jadi alternatif utama. Selain sifatnya yang lentur dan mudah dibentuk, harga yang terjangkau menjadi pertimbangan dibanding kaca lengkung yang cukup mahal.

Daya Tahan

Setiap material punya daya tahan yang berbeda satu dengan yang lain. Baik secara waktu maupun kekuatan. Polikarbonat misalnya, walau kokoh menahan panas dan hujan, dalam waktu 5 hingga 10 tahun material mulai kaku, berlumut dan mudah retak.

Sedangkan kaca bisa tahan lama hingga bertahun-tahun, namun sangat riskan terhadap benturan benda keras. Sedangan jenis beton dan genting termasuk penutup atap yang mempunyai daya tahan paling lama.

Foto: Dok. Renovasi /iDEA

Baca Juga Atap Carport, Ini Dia Pertimbangan Pemilihannya!(1)

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest