Follow Us

Area Bawah Tangga pun Bisa Jadi Taman

Rasantika M. Seta - Selasa, 22 Desember 2009 | 12:41
Area Bawah Tangga pun Bisa Jadi Taman
Rasantika M. Seta

Area Bawah Tangga pun Bisa Jadi Taman

Anda barangkali bingung menata area di bawah tangga. Dibiarkan kosong jadi mubazir. Difungsikan sebagai gudang kurang indah. Bagaimana, ya?

Ada ide kreatif dari rumah Handrawan Nadesul, seorang dokter sekaligus penyair. Ia memanfaatkan area bawah tangga menjadi sebuah area yang nyaman dinikmati. Area berukuran 3m x 1,6m yang persis berseberangan dengan ruang tamu ini ditata layaknya sebuah taman di hutan.

Coba kita amati lebih mendetail. Fokus pertama adalah kolam berbentuk oval tak beraturan. Kolam dirancang seperti palung dengan kedalaman 1m yang diisi ikan mas warna-warni. Di tengahnya ada tiga air mancur yang menyemprot ke tengah kolam. Di sekelilingnya dihiasi ornamen laut, seperti batu karang dan ragam bentuk kerang-kerang besar. Handrawan ingin menampilkan suasana taman laut di sini.

Di salah satu sisi kolam diletakkan sebuah jendela berukuran 130cm x 150cm. Jendela berkusen 25cm ini tak bisa dibuka-tutup, hanya sebagai elemen dekoratif. Sementara di sisi lain kolam ada undakan-undakan artifisial sebagai wahana aliran air terjun.

Pada area tersebut ditambahkan batang-batang pohon dengan ranting dan dedaunan hijau. Batang-batang dan ranting pohon ini asli, sedangkan dedaunannya imitasi. Di balik jendela terdapat pepohonan imitasi dan lukisan air terjun. Jadi, akan terlihat pemandangan alam dari balik jendela itu.Oh ya, tangga ada di balik jendela. Di bawah bordes - di balik jendela juga--difungsikan sebagai kamar mandi tamu. Pijakan terbawah tangga menjejak lantai yang ditinggikan --lebih tinggi dari lantai di area kolam. Menuju pijakan tangga paling bawah ini harus melewati semacam jembatan beralas kayu. Jembatan ini juga mendukung keseluruhan desain ruang.

Menarik, bukan? Di sini Anda bisa mendapatkan suasana yang nyaman dan bisa menghilangkan stres. *

Foto: iDEA/Dean Martin Saerang

Editor : Rasantika M. Seta

Latest